nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Keselamatan Turis, Kemenhub Periksa Kapal Wisata Labuan Bajo

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 10:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 320 2107157 tingkatkan-keselamatan-turis-kemenhub-periksa-kapal-wisata-labuan-bajo-TfZNbCvdvn.jpg Uji Petik Kapal Wisata Labuan Bajo (Foto: Okezone.com/Feby Novalius)

LABUAN BAJO - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar pemeriksaan atau uji petik di Pelabuhan Bajo. Kali ini yang diperiksa adalah kapal-kapal wisata.

 Baca Juga: Kisah Nakhoda Wanita Pertama RI, Kartini Rela Tinggalkan Anak hingga Hadapi Amukan Badai

Kepala Sub Bidang Keselamatan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan Shidrotul Muntaha menjelaskan, uji petik dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan awak dan penumpang yang ingin berlayar ke beberapa lokasi wisata di Labuan Bajo. Untuk itu, dilakukan pemeriksaan pada kapal-kapal wisata yang sedang sandar di Pelabuhan Labuan Bajo.

"Sebenarnya ini lebih pada kampanye keselamatan. Jadi dipastikan bagaimana aspek keselamatan pada kapal. Memastikan saat berlayar aman," ujarnya di Pelabuhan Kelas II Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (20/9/2019).

 Baca Juga: Labuan Bajo Ditargetkan Jadi Destinasi Wisata Premium di 2020

Adapun audit kapal dilakukan oleh Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal (PPTK). Salah satu kapal yang diperiksa adalah Kapal Layar Motor (KLM) Seasafari VII.

"Diperiksa safety seperti navigasi hingga mesinnya. Lalu alat keselamatan, AIS, radar, kompas. Buku harian kapal, GPS kapal dan lainnya diperiksa," ujarnya.

 Uji Petik Kapal Labuan Bajo

Kemudian, lanjutnya, dalam uji petik diperiksa Sertifikat Keamanan hingga Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

"Standar jalan keselamatan diperiksa dan kapal masa berlaku 6 bulan itu di tes dan random mana saja kapalnya. Seperti kapal Seasafari ini secara keseluruhan status hukumnya lengkap, konstruksi bagus hingga navigasi memenuhi aturan," ujarnya.

 Labuan Bajo

Sebenarnya uji petik dilakukan pada perayaan tertentu seperti arus mudik dan balik Lebaran, Natal hingga liburan Tahun Baru. Ini untuk menjamin keselamatan awak dan penumpang saat berlayar.

"Di samping itu tentu ada pemeriksaan rutin pada kapal-kapal layar karena mau dapat surat berlayar harus diperiksa," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini