nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Hobi Berkebun Bisa Jadi Duit? Intip 10 Tips untuk Memulainya

Delia Citra, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 16:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 320 2107475 punya-hobi-berkebun-bisa-jadi-duit-intip-10-tips-untuk-memulainya-tbO6MuTDmg.jpg Bercocok tanam (Foto: Thespurce)

JAKARTA - Biasanya orang yang hobi bertani hanya untuk kesenangan mereka saja dan bukan untuk sebagai keuntungan mereka. Jika kamu hobi bertani, pastikan bahwa kamu memiliki bentuk pendapatan lain, seperti pekerjaan sampingan dan tabungan untuk pensiun.

Jika diseriusi, tidak tertutup kemungkinan bisa menghasilkan uang dari hobi bercocok tanam tersebut. Tetapi sebelum memulainya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang harus dilakukan. Dilansir dari Thespruce.com, Sabtu (21/9/2019) berikut tips untuk kamu yang baru saja memulai hobi bertani.

 Ladang

1. Mulai dari Kecil

Jika kamu terjun dunia pertanian, ada kemungkinan kamu akan merasa kewalahan dengan merawat tiga atau empat spesies hewan yang baru bagi kamu, mencoba menyiapkan makanan dan ditambah mengelola taman.

Jika kamu mulainya dengan dari kecil dan hanya satu atau dua proyek besar per tahun, tergantung pada jumlah waktu yang harus kamu curahkan untuk bercocok tanam, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar seiring dengan tingkat kegagalan yang lebih rendah, dan kamu akan merasa lebih santai dan gembira saat kamu menambahkan spesies baru dan berkembang setiap tahun.

2. Jangan mencoba mencari keuntungan dulu

Hobi adalah sesuatu yang kamu lakukan untuk kesenangan, bukan keuntungan. Jika kamu menjalankan bisnis dan harapkan menghasilkan sesuatu di luar makanan yang kamu makan dan beberapa ribu dolar di pasar petani, itu berarti kamu bukan hobi bertani.

Tentu saja, kamu mungkin menghasilkan sedikit uang ekstra dengan menjalankan tempat pertanian kecil atau menjual produk ke restoran lokal, tetapi hindari menghabiskan lebih banyak waktu menjual daripada bertani. Ingatlah bahwa kamu memilih bertani sebagai hobi itu hanya untuk bersenang-senang.

 

3. Jangan Ada Utang

Aturan yang penting melakukan hobi apa pun adalah jangan menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kamu miliki. Karena kamu tidak berniat untuk mendapatkan uang dari pertanian kamu, maka jangan pernah membuat utang untuk membayar ekspansi.

4. Baca, Penelitian, dan Baca Lebih Banyak

Ada banyak sekali buku tentang hobi bertani, termasuk beberapa buku seperti The Joy of Hobby Farming yang merupakan ikhtisar. Cobalah kamu membaca buku spesifik spesies untuk mendapatkan pengetahuan lebih mendalam tentang makhluk yang sudah kamu rencanakan untuk di pertanian kamu.

 Bertani

5. Cari Informasi dari Petani Lain

Membaca dan riset online adalah alat yang bagus untuk mendapatkan pengetahuan dasar dan mendalam tentang banyak aspek tentang pertanian, tetapi berbicara dengan seorang petani yang telah melakukan dan masih melakukan bertani merupakan langkah yang baik.

Kamu nantinya akan mendapatkan jenis pengetahuan yang berbeda dari pada yang kamu baca dibuku. Jika kamu cukup beruntung untuk tinggal di daerah di mana banyak yang hobi bertani menghasilkan tanaman organik, pertimbangkan untuk bergabung dengan grup yang dapat berbagi tips, peralatan, benih, dan sumber daya lainnya.

6. Melakukan DIY

Jika kamu dapat belajar untuk memperbaiki sendiri do-it-yourself (DIY), kamu akan menghemat banyak uang di pertanian kamu dan dapat melakukan lebih banyak dengan sumber daya yang terbatas. Semakin sedikit biaya pertanian kamu, semakin sedikit kamu harus bekerja di pekerjaan harian untuk membayar pertanian, sehingga semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk bertani.

7. Ketahui Kapan Membutuhkan Bantuan

Opsi DIY sangat bagus ketika kamu merasa mampu dan menikmati menangani proyek-proyek yang akan membutuhkan lebih banyak waktu dan uang daripada yang kamu harapkan untuk selesai.

Ketika kamu hanya kewalahan oleh mereka atau tidak tahu harus mulai dari mana, itu bukan tanda kegagalan untuk mendapatkan bantuan. Kadang-kadang tugas lebih baik dilakukan oleh seorang yang profesional daripada mencoba menjadi ahli dalam segala hal.

8. Luangkan Waktu untuk Menjadi Petani

Bertani adalah komitmen. Kamu tidak dapat menjejali untuk bertani seperti kamu akan belajar untuk ujian. Kamu harus menyesuaikan diri dengan hubungan yang benar-benar baru dengan pekerjaan. Beri diri kamu waktu untuk ini, dan fokuslah pada hal itu sehingga kamu dapat bertransisi dengan lebih lancar.

9. Bersikaplah Fleksibel dengan Pilihan Kamu

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan peternakan kamu, dan ketahuilah bahwa kamu boleh berubah pikiran. Kamu pikir kamu akan senang memelihara ayam, tetapi ternyata kamu lebih tertarik menanam tanaman. Tidak apa-apa. Ini adalah tanah pertanian kamu jadi lakukan apa pun yang kamu inginkan.

10. Jangan Terlalu Serius

Tentu saja, kamu harus bertanggung jawab dengan pertanianmu. Apalagi, kamu memiliki hewan ternak untuk dipikirkan. Tetapi pada saat yang sama, bersenang-senanglah dengan peternakan kamu. Bagaimanapun, kamu memutuskan untuk memulai hobi ini karena kamu menikmatinya.

Jika Anda tidak enjoy, berhentilah dan evaluasi apakah ini benar-benar pilihan yang tepat untuk kamu atau tidak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini