nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Bikin Matahari Buatan dan Jepang Menuju Industri 5.0, Indonesia di Mana?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 15:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 24 320 2108705 china-bikin-matahari-buatan-dan-jepang-menuju-industri-5-0-indonesia-di-mana-NCpIisliiB.jpg Bulan Buatan di China. (Foto: Okezone.com/Techeblog)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengungkapkan bahwa China mengeluarkan inovasi baru yang menggemparkan masyarakat dunia. China sudah mulai membangun bulan buatan.

Bulan buatan ini punya cahaya yang terangnnya berkali-kali lipat dari bulan biasa. Tak hanya itu, yang terbaru, China juga berencana membuat matahari buatan sebagai penyeimbangnya.

Baca Juga: Masuki Era Industri 4.0, Menteri Bambang: Sertifikasi Akan Tingkatkan Standar Upah

“Apalagi China meluncurkan bulan buatan yang terangnya 8 kali dari bulan biasa. Ini merusak ekosistem. Belum selesai sudah mau merancang matahari buatan. Sudah mulai,” ujarnya dalam acara kuliah umum di Universitas Indonesia Salemba, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

China

(Foto: China Luncurkan Pendaratan Perdana di Bulan)

Selain itu, negeri tirai bambu ini juga tengah memfokuskan inovasi pada sektor pertanian. China berkeinginan untuk mengubah lahan tandus menjadi lahan subur dan tidak terpengaruh pergantian musim.

“Dalam bidang pertanian hutan tandus menjadi lahan subur. Mereka beradaptasi dengan kebutuhan dan perkembangan zaman,” ucapnya.

Baca Juga: Masyarakat Masih Gagal Paham dengan Perubahan Era Industri 4.0

Oleh karena itu, dirinya menyebut Indonesia perlu cepat mengejar ketertinggalan dengan inovasi-inovasi baru tersebut. Karena negara-negara lain di dunia kini mulai meninggalkan Indonesia dari sisi inovasi teknologi.

Salah satu contohnya adalah negara seperti Jepang justru sudah selangkah diatas Indonesia. Bagaimana tidak, di saat Indonesia baru membangun 4.0, Jepang justru sudah mulai bergerak menuju 5.0.

“Jepang. Kita baru pelajari 4.0 dia sudah luncurkan 5.0,” ucapnya

Tak hanya Jepang, Arab Saudi juga dinilai sudah selangkah lebih maju dari Indonesia. Pasalnya, saat ini Arab Saudi tengah membangun megaproyek yang disebut kota masa depan yang terbesar di dunia.

“Arab Saudi lebih tak mau ketinggalan visi 2030. Dia bangun perintisan megaproyek yang namanya di wilayah Jaziea Arab. Disebut kota masa depan dan modern dan cosmopolitan yang terbesar di dunia mengalahkan Dubai,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini