nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Pertamina EP Tahan Penurunan Produksi Migas di Tambun

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 19:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 26 320 2109737 cara-pertamina-ep-tahan-penurunan-produksi-migas-di-tambun-dwcg32t6pb.jpg Pertamina EP Jaga Produksi Migas (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) menjaga kuantitas produksi minyak dan gas (migas) di lapangan Tambun di tengah penurunan produksi alamiah.

“Karakteristik sumur migas adalah naturally decline, karena itu kami berupaya menjaga decline,” ujar Field Manager Pertamina EP Asset 3 Tambun Field Ceppy Agung Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Baca Juga: Pertamina EP: Produksi Gas Lapangan Donggi Matindok Lampaui Target 2019

 Dari sisi produksi, hingga 20 September 2019, produksi Tambun Field mencapai 1.683 BOPD minyak dan gas 31,55 MMSCFD. Sementara produksi minyak Pertamina EP Asset 3 tercatat 13.049 BOPD minyak dan 259,7 MMSCFD gas.

Beberapa aktivitas yang dilakukan Tambun Field demi menjaga produksi adalah melakukan pekerjaan well intervention PDM-14, PDL-01, Optimasi Gaslift Pondok Tengah, MB-04 Reaktivasi, Optimasi Condensate Plant, Reparasi sumur-sumur di Struktur Tambun di awal tahun yang menghasilkan tambahan gas.

 Baca Juga: Kuartal I-2019, Produksi Minyak Pertamina EP Tembus 82.222 Barel/Hari

“Kami juga melakukan pressure maintenance dengan new pattern injeksi di area Tambun Utara dan rencana optimasi (bean up & bean down) untuk sumur TGP sesuai persetujuan dari Tim EPT Asset 3 serta inovasi berkelanjutan hingga mendapatkan paten untuk H2S Removal,” ujarnya.

 Minyak

Tambun Field mengalokasikan belanja modal untuk 2019 sebesar USD3,85 juta, naik dari belanja modal tahun lalu sebesar USD2,7 juta. Dana tersebut digunakan untuk pengadaan dua unit Mobile Multiphase Flow Meter untuk kebutuhan pengukuran dan monitoring sumur, perbaikan pipa-pipa produksi TBN U, TBN V, dan perbaikan trunkline minyak dan gas dari PDT-TBN.

“Dana juga digunakan untuk pengadaan fire truck/fire jeep untuk HSSE, general overhaul compresor, dan reaktivasi cluster MB-04,” ujar Ceppy.

Sementara itu, Pertamina EP juga memberdayakan masyarakat di sekitar operasi dalam menjalankan produksi migas dengan program Seanergy Pesisir Berseri

.Minyak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini