nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebarkan Sayap, Softbank Jagokan Whiz si Robot Pembersih

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 27 320 2110044 lebarkan-sayap-softbank-jagokan-whiz-si-robot-pembersih-dN50u2HFkF.jpg Softbank dengan Robot Pembersih (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Setelah mendirikan perusahaan pada bulan Januari, Softbank kembali mendirikan kantor kedua untuk pembuatan robot yang diklaim sebagai perusahaan layanan robot terbesar di dunia.

 Baca Juga: Bos SoftBank Tambah Investasi USD3 Miliar untuk Grab hingga Mobil Listrik

Dari kantor pusatnya yang baru di Singapura, Softbank Robotics berencana untuk terus berkembang pesat dalam beberapa bulan ke depan di beberapa kota utama di kawasan itu.

Kantor yang baru dibuka kurang dari sebulan yang lalu itu juga akan menyewakan robot pembersih perusahaan, yang di beri nama Whiz. Robot ini pada dasarnya menjadi robot penyedot debu komersial pintar yang dapat berjalan selama tiga jam. Demikian seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (27/9/2019).

 Baca Juga: SoftBank Suntik Dana Segar ke Startup Aruna

Robot ini sudah digunakan di beberapa perusahaan Jepang dan diluncurkan di Hong Kong dan Makau pada awal bulan ini. Robot Whiz juga disewakan SGD499 atau setara Rp4,99 juta (kurs Rp10.000 per dolar Singapura) per bulan tanpa kontrak jangka panjang.

 Robot

Whiz adalah robot kedua yang dikembangkan oleh Softbank setelah robot pertama yang diberi nama Pepper, robot yang dapat berinteraksi dengan pelanggan.

Chief Business Group Softbank Robotics Kenichi Yoshida mengaku terkejut karena beberapa perusahaan menunjukan minat yang sangat tinggi pada robot Whiz.

Meskipun belum ada yang secara resmi menjadi pelanggan, Softbank sudah ada di tahap pembicaraan dengan sejumlah perusahaan yang masih dirahasiakan namanya.

Yoshida mengatakan bahwa Softbank memilih Singapura sebagai markas terbesar karena pemerintah telah memberikan dukungan yang sangat tinggi bahkan yang tidak pernah dibayangkan oleh Jepang sebelumnya.

 Pameran Modelkit Robot Gundam pada Bandung Creative Hub

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini