nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Film Fiksi Ini Ternyata Jadi Industri yang Nyata di Masa Kini

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 06:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 27 320 2110075 5-film-fiksi-ini-ternyata-jadi-industri-yang-nyata-di-masa-kini-r5QQdAYJjX.jpg Drone di Terminator (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Film fiksi ilmiah memang bukan merupakan hal baru dalam industri perfilman. Genre ini adalah satu-satunya yang menggabungkan antara fiksi dan ilmiah.

Menariknya, beberapa film fiksi ilmiah terbaik dalam sejarah kerap menampilkan prediksi yang mereka buat tentang teknologi dan dunia di masa mendatang. Uniknya, kemajuan teknologi yang berkembang saat ini menjadi sebuah industri baru dalam tatanan ekonomi secara mengglobal.

Beberapa prediksi bahkan terbukti akurat beberapa dekade kemudian. Yang tadinya hanya ilusi, kini menjadi industri nyata dan menjanjikan. Melansir Business Insider, Sabtu (28/9/2019), berikut 5 film fiksi ilmiah yang punya prediksi akurat.

 Baca juga: 6 Pekerjaan yang Bisa Diciptakan Sendiri, dari Makcomblang hingga Food Stylist

1. Perjalanan Ruang Angkasa pada ‘Le Voyage Dans La Lune’ - 1902

 Le Voyage Dans La Lune

Film ini dibuat menggunakan kamera film yang baru berusia 10 tahun dan tiga tahun sebelum bioskop pertama dibuka. Pembuat film Prancis Georges Méliès membuat film berdurasi 13 menit yang berisi efek khusus tentang penjelajah yang melakukan perjalanan ke bulan dalam kapsul luar angkasa yang didorong oleh meriam.

Faktanya, senjata luar angkasa yang menembakkan satelit ke orbit dengan cara yang sama dengan canon raksasa, telah dieksplorasi selama beberapa dekade.

Pada 1960-an, di bawah naungan Project HARP, Angkatan Laut menggunakan senapan kaliber 100 untuk menembakkan proyektil 400 pound ke lintasan suborbital yang mencapai ketinggian 110 mil. 'Le Voyage Dans La Lune' jelas memicu imajinasi penonton dan membuka jalan bagi Neil Armstrong dan Apollo 11.

 Baca juga: Sukses Berbisnis Bukan Kunci Jadi Jutawan, 2 Hal Ini Ternyata Rahasianya

2. Robot pada ‘Metropolis’- 1927

 Metropolis

Dari sudut pandang 2019, film ini tidak mudah ditonton. Pasalnya, film ini sunyi dan masih versi hitam-putih dengan durasi lebih dari dua jam. Dalam film tersebut, seorang penemu dengan kemiripan yang luar biasa dengan Doc Brown membuat robot humanoid metalik yang kemudian "disinkronkan" menyerupai Maria, seorang tokoh dalam film tersebut.

Sampai saat ini, kita menerima teknologi robot yang tak lagi bisa terhindarkan oleh manusia pada khususnya. Tapi seperti novel pada saat itu, hari ini kita dibanjiri dengan teknologi robot yang semakin realistis, seperti android. Bahkan robot seperti Atlas Boston Dynamics dan Asimo Honda bisa beraktifitas layaknya manusia, seperti berjalan, berlari, membuka pintu, dan bahkan senam ada di menu robot.

3. Ponsel pada ‘Star Trek’ – 1966

 Star Trek

Film ini dimulai sebagai serial TV pada tahun 1966, dan jangka waktu tiga tahun pertama menetapkan cetak biru untuk banyak prediksi teknologi pertunjukan. Tapi semua itu akhirnya menuju ke layar lebar, dimulai dengan "Star Trek: The Motion Picture" pada tahun 1979.

Komunikator saku dengan antena grid flip-up secara harfiah mengilhami insinyur Motorola Martin Cooper untuk merancang ponsel pertama di dunia pada tahun 1973. Butuh satu dekade untuk membawanya ke pasar, tetapi DynaTAC tahun 1983 memulai revolusi yang mengarah ke telepon yang lebih kecil, telepon flip, dan akhirnya menjelma menjadi smartphone.

4. Drone Militer pada ‘The Terminator’ - 1984

 Terminator

Pada awal 1980-an, militer telah memiliki pengalaman dengan drone, yaitu kendaraan tak berawak yang dikendalikan radio yang dapat ditembak jatuh untuk latihan target, dan drone pengintai yang diluncurkan dari kapal dan pesawat. Tetapi pada tahun 2000-an bahwa militer AS akan memenuhi prediksi "The Terminator" dan mengerahkan drone militer UAV dengan senjata di atas kapal.

Predator MQ-1, yang pertama kali digunakan pada tahun 2001, adalah drone militer pertama yang diketahui mampu menembakkan senjata yang dipicu dari jarak jauh oleh operator darat.

5. Mobil 'Self-Driving' pada ‘Total Recall’ - 1990


Total Recall

Film ini memperlihatkan seperti apa mobil 'self-driving' dari sudut pandang akhir tahun 80-an. Mereka menampilkan avatar android menyerupai pengemudi di kursi pengemudi. Kelihatannya agak konyol dan tidak mungkin untuk dilakukan.

Nyatanya, saat ini kebanyakan mobil telah dipenuhi dengan sensor. Mobil self-driving sepenuhnya hari ini dapat mengemudi sendiri tanpa perlu siapa pun atau apa pun untuk duduk di kursi pengemudi. Turut hadir mobil semi-self-driving yang meskipun mereka membutuhkan pengemudi untuk menjaga kontrol mereka untuk keselamatan. Di Indonesia sendiri, teknologi ini lebih dikenal sebagai mobil otonom.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini