nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sorry 'Angker', LinkAja Masih Uji Coba

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 16:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 01 320 2111572 sorry-angker-linkaja-masih-uji-coba-gxR7mZ2NZs.jpg Menteri BUMN Naik KRL Pakai LinkAja (Foto: Okezone.com/Dias)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan uji coba aplikasi LinkAja untuk transaksi KRL Commuter Line di Stasiun Juanda.

 Baca Juga: Cerita Menteri Rini Gaptek Waktu Coba LinkAja

Meski sudah resmi diluncurkan, LinkAja masih dalam proses uji coba untuk KRL. Menurut Rini LinkAja membutuhkan sertifikat layak pakai untuk beroperasi. Dengan demikian, anak kereta (angker) masih belum bisa menggunakan LinkAja.

"Sertifikat layak fungsinya nanti, kan dites dulu baru nanti sekalian layak fungsi. Nanti mulai beroperasinya nunggu layak fungsi dulu," ujar Rini di Stasiun Jakarta Kota, Selasa (1/10/2019).

 Baca Juga: Naik Kereta Commuter, Menteri Rini Pamer Saldo LinkAja Rp900.000

Namun, Rini menargetkan LinkAja bisa digunakan untuk transaksi KRL pada minggu depan. "Uji coba hari ini, mulai efektif tinggal nunggu minggu depan," ungkapnya.

 Rini Naik KRL

Meskipun masih dalam tahap uji coba, Direktur LinkAja Danu Wicaksana mengaku kalau layanan ini sudah dibuka. Namun, tetap saja bukan untuk komersil.

"Ini merupakan inovasi yang belum pernah terjadi. Kami ingin sesegera mungkin LinkAja bisa digunakan, tapi kami harus hormati proses yang berlaku. Ini masih uji coba jadi kita tetap buka tapi belum komersil," katanya.

 Rini Naik KRL

Di lain sisi, Direktur KCI Wiwik Widayanti turut buka suara perihal uji coba LinkAja. Menurutnya, masih diperlukan edukasi agar LinkAja bisa diaplikasikan dengan lancar oleh khalayak umum.

"Yang pasti untuk uji coba dikaitkan dengan kecepatan tap, karena orang belum terbiasa menggunakan ini. Jadi harus diuji coba dulu sampai nanti semua bisa melakukan dengan baik dengan cepat," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini