Unik, Tribun Stadion Manahan Berbentuk Motif Batik Kawung

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 02 470 2111819 unik-tribun-stadion-manahan-berbentuk-motif-batik-kawung-s8hQXltQ8K.png Motif Batik Kawung di Stadion Manahan Solo. (Foto: Okezone.com/Instagram/@kementerianpupr)

JAKARTA - Menyambut Hari Batik yang jatuh pada 2 September. Ternyata ada sebuah infrastruktur yang mengaplikasikan motif batik dalam segi visual.

Baca Juga: Hari Batik, Main di Pasar Global IMK Harus Berani Inovasi

Infrastruktur tersebut Stadion Manahan, Solo. Terlihat dari kejauhan, tribun penonton di stadion ini membentuk motif Batik Kawung sebagai budaya khas Solo.

Stadion Manahan Solo

"Taukah sahabat bahwa ada infrastruktur yang mengaplikasikan motif batik dalam segi visualnya? Infrastruktur tersebut adalah Stadion Manahan, Solo," seperti yang dikutip dalam Instagram @KemenPUPR, Selasa (2/10/2019).

Baca Juga: Bangladesh Bangga Pakai Batik Indonesia

Stadion yang ditargetkan akan rampung bulan September 2019 itu memiliki kursi tribun stadion yang terdiri dari warna merah, biru, kuning, dan ungu yang membentuk seperti motif batik yang mengelilingi sisi Stadion, Manahan, Solo.

Stadion Manahan Solo

Sebagai informasi, Stadion Manahan memiliki kapasitas 20.000 penonton menggunakan kursi tunggal (single seat) yang dibangun agar dapat menjadi lapangan olah raga skala nasional dan internasional.

Stadion Manahan Solo

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa biaya konstruksinya mencapai hingga sebesar Rp301,33 miliar, yang dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya dan PT Penta Rekayasa (Kerjasama Operasi/KSO).

lapangan di Stadion Manahan itu juga ditanami rumput berjenis Zoysia Japonica, sama dengan yang digunakan di Stadion Gelora Bung Karno yang memiliki keunggulan lebih hijau dan berakar kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini