nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsep Smart City Kunci Sukses Pemindahan Ibu Kota

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 05:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 02 470 2112134 konsep-smart-city-kunci-sukses-pemindahan-ibu-kota-agLKxgbSUo.jpg Konsep Smart City Kunci Sukses Pemindahan Ibu Kota (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Konsep smart city dinilai sebagai solusi pemerataan pembangunan di Indonesia dan keberlanjutan proyek pemindahan ibu kota negara.

“Tiap negara dalam pemindahan ibu kotanya memiliki pertimbangan dan alasan masing-masing,” ungkap alumni Teknik Sipil ITS Lucia Karina dalam seminar bertajuk Diseminasi dalam Persiapan Pembangunan Ibu kota Negara, seperti dikutip dari laman ITS, Kamis (3/10/2019).

 Baca Juga: Jokowi Ingin Berkantor di Ibu Kota Baru pada 2024

Tak hanya Indonesia, dia mengungkapkan bahwa beberapa negara telah lebih dulu memiliki sejarah pemindahan ibu kota. Menurutnya, di Indonesia sendiri selain berfokus pada pembenahan tata kota Ibu Kota DKI Jakarta yang kini semakin padat, pemindahan ibu kota juga menitikberatkan pada pemerataan pembangunan di luar Pulau Jawa yang tidak sepadan dengan pembangunan di Pulau Jawa.

Lucia kemudian mengungkapkan bahwa yang menjadi kunci sukses dan terpenting dalam pemerataan pembangunan di Indonesia adalah konsep Kota Cerdas (Smart City). Konsep tersebut berpedoman pada tiga faktor penting yakni ekonomi, lingkungan, dan komunitas masyarakat.

 Baca Juga: Menteri PUPR Beberkan Sistem Urbanisasi di Ibu Kota Baru

“Tiga poin tersebut merupakan rangkuman dari 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi fokus dunia,” katanya.

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

Selanjutnya, alumni Departemen Teknik Sipil ITS tersebut mengungkapkan bahwa konsep Kota Cerdas memiliki beberapa kunci agar terwujud, di antaranya Smart Infrastructure, Smart Urban Planning, Smart Mobility, Smart Waste Management, Smart Water Sanitation, Smart Education, Smart Energy, Smart Security, Smart Housing, Smart Building, Smart Government, dan Government itu sendiri. Untuk Smart Infrastructure, dia berpendapat bahwa bukan pembangunan kota yang diikuti infrastuktur, tapi infrastruktur yang diikuti dengan pembangunan kota.

Wanita yang sejak kecil memiliki hobi membaca tersebut juga memaparkan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas juga menjadi faktor penentu dalam pembangunan Kota Cerdas. menurutnya, peningkatan kualitas SDM dapat dimulai dari tingkat perguruan tinggi yang kelak dampaknya akan menyebar luas pada masyarakat.

“Ini dapat juga kita lakukan di ITS, terbuka ruang sebesar-besarnya untuk mengedukasi teman-teman mahasiswa," katanya.

 Ibu Kota Pindah

Lucia juga menekankan kepada para mahasiswa dan alumni teknik bahwa peran insinyur sangat besar dan berpotensi untuk ikut andil dalam proyek pemindahan ibu kota ini. “Sebagai insinyur, kita tahu fakta di lapangan, kita bisa berkontribusi di dalam pembangunan, regulasi, dan kebijakan publik,” ungkapnya.

Menilik fakta bahwa Departemen Teknik Sipil ITS memiliki akreditas tingkat dunia dan lulusan dengan indeks tinggi, merupakan bukti konkret bahwa warga ITS lebih dari siap untuk terjun langsung dalam proyek ini. “ITS itu lumbungnya insinyur dengan jiwa kemanusiaan yang tinggi. Jadi kami siap untuk mendukung proses pemindahan ini. Semua ahlinya ada di sini," jelas Lucia.

 Ibu Kota Pindah

Tak terbatas beberapa departemen dan warga ITS saja, Lucia juga menjelaskan bahwa hal ini merupakan tantangan bagi seluruh bidang departemen dan perguruan tinggi untuk bersama-sama berkolaborasi. ”Kolaborasi antar orang-orang yang memiliki pengalaman dan orang-orang yang ahli di bidangnya, dapat menjadi satu-kesatuan yakni Center of Championship,” paparnya.

Tak tanggung-tanggung, ke depannya, Lucia berharap bahwa ide ini dapat ditindaklanjuti dengan serius oleh pemerintah, yakni dengan pembentukan forum gabungan mahasiswa untuk membahas masalah ini. “Smart City akan lebih dapat terealisasi dengan dukungan para mahasiswa. Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini