nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Baru Bakal Dilengkapi Kereta Bandara

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 17:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 03 20 2112495 ibu-kota-baru-bakal-dilengkapi-kereta-bandara-5Hww5VLQ8P.jpg Ibu Kota Baru Bakal Dilengkapi Kereta Bandara (Foto: Ist)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyiapkan desain infrastruktur transportasi di Kalimantan Timur. Hal tersebut menyusul akan dipindahkannya ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya tengah mendesain transportasi ibu kota agar bisa terintegrasi satu sama lain. Salah satu contohnya adalah dengan membangun Kereta Bandara Sepinggan Balikpapan.

 Baca Juga: 200.000 PNS Dipastikan Pindah ke Ibu Kota Baru

Nantinya kereta bandara itu akan menghubungkan dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju lokasi ibu kota baru. Kereta Bandara itu nantinya akan dibangun sepanjang 30 hingga 40 kilometer.

Menurut Budi, dengan dibangunnya kereta Bandara Sepinggan Balikpapan bisa memangkas waktu secara signifikan. Selain itu, dengan dibangunnya kereta Bandara juga bisa membuat waktu tempuh dari ibu kota baru menuju Bandara bisa lebih terukur.

 Baca Juga: Lahan Ibu Kota Baru Belum Bisa Dieksekusi, Kenapa?

"KA akan bagus sekali kalau berjarak 30-40 (kilometer) sehingga kurang dari setengah jam sudah sampai ‎bandara," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

 Kereta Bandara

Selain kereta bandara lanjut Budi, infrastruktur jalur darat yang disiapkan ialah Jembatan Pulau Balang yang melintasi Teluk Balikpapan. Nantinya jembatan ini akan menghubungkan Penajam Paser Utara dengan Balikpapan.

Sementara untuk moda transportasi yang diinginkan oleh Kementerian Perhubungan ialah bus listrik hingga angkutan laut dengan kapasitas yang besar. Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini menginginkan agara moda transportasi modern tersedia di ibu kota baru.

"Kita ingin ibu kota negara, selain jadi contoh masa depan, kita harapkan jadi percontohan bagi kota lain. Makanya kita diskusikan terus sehingga puzzle pemikiran sudah matang. Kita akan undang konsultan internasional untuk mematangkan," katanya.

Kereta Bandara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini