Rekaman Suara Bocor, Mark Zuckerberg Berniat Serang TikTok?

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 03 320 2112554 rekaman-suara-bocor-mark-zuckerberg-berniat-serang-tiktok-gIWWwM0Zv0.jpg Facebook (Foto: Reuters)

JAKARTA - Beredarnya rekaman suara yang beredar mengungkapkan bahwa Mark Zuckerberg baru-baru ini mengirimkan pertanyaan dari seorang karyawannya. Hal itu berisi tentang ancaman aplikasi video pendek Tiktok kepada Facebook.

Melansir Business Insider, Jakarta, Kamis (3/10/2019), Zuckerberg mengatakan bahwa rencana serangan Facebook adalah meluncurkan pesaing TikTok, Lasso, di pasar-pasar di mana TikTok belum memiliki pijakan, seperti Meksiko. Ia mengatakan kepada karyawannya bahwa selama musim panas bahwa Facebook menyelipkan pesaing TikToknya sendiri ke pasar sebelum aplikasi video bentuk pendek bisa menjadi terlalu besar dan kuat.

Baca juga: Selain Website, Manfaatkan Media Sosial dalam Bisnis Penting Dilakukan

Rencana permainan Zuckerberg untuk melawan TikTok yang semakin populer terungkap dalam bocoran audio ke The Verge dari dua pertemuan internal Juli di Facebook. Selama pertemuan, seorang karyawan mengajukan pertanyaan apakah Zuckerberg khawatir dengan pertumbuhan eksplosif TikTok, terutama di kalangan pengguna yang lebih muda.

Dia kemudian menjelaskan bahwa TikTok adalah perusahaan teknologi besar Tiongkok pertama yang menjadi pesaing utama secara global.

Mark Zuckerberg

"Jadi, ya. Maksudku, TikTok baik-baik saja, ”jawab Zuckerberg.

TikTok dibangun oleh perusahaan ini Beijing ByteDance yang benar-benar produk internet konsumen pertama yang dibangun oleh salah satu raksasa teknologi Cina yang cukup baik di seluruh dunia," kata Zuckerberg. Tidak sepenuhnya jelas apa metrik yang digunakan Zuckerberg untuk mengukur skalanya, tetapi pertumbuhan TikTok di India adalah meteorik.

Pada Januari 2019, 43% dari pengguna baru aplikasi berasal dari India, naik dari 9,5% pada Januari 2018. Pada Agustus 2019 TikTok memiliki lebih dari 625 pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, naik 85% dari tahun sebelumnya. AS mewakili 16 juta pengguna itu.

Facebook

"Kami mencoba untuk pertama-tama melihat apakah kami dapat membuatnya bekerja di negara-negara di mana TikTok belum besar sebelum kita pergi dan bersaing dengan TikTok di negara-negara tempat mereka besar," kata Zuckerberg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini