Pepsi Pamit, Pizza Hut Pindah ke Lain 'Hati'

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 20:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 03 320 2112614 pepsi-pamit-pizza-hut-pindah-ke-lain-hati-aLkThTQegT.jpg Pizza Hut (Foto: Reuters)

JAKARTA - Hengkangnya PepsiCo dari Indonesia membuat mitra dagangnya harus menggaet perusahaan baru. Setelah KFC, kini Pizza Hut juga menggandeng Coca-Cola untuk menggantikan Pepsi, minuman bersoda asal Amerika Serikat,

Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut) Jeo Sasanto menyatakan, Pepsi akan menyuplai Pizza Hut hanya sampai 10 Oktober 2019. Oleh sebab itu, pihaknya langsung melakukan kontrak baru dengan Coca-Cola.

Baca Juga: Pepsi Hengkang dari Indonesia Mulai 10 Oktober

"Sehingga secara bertahap pasokan pepsi akan digantikan Coca-Cola sampai dengan akhir Oktober 2019," ungkapnya kepada Okezone, Kamis (3/10/2019).

Untuk diketahui, Coca-Cola diproduksi oleh The Coca-Cola Company, perusahaan yang juga berasal Amerika Serikat. Merek dagang perusahaan minuman ringan ini juga sering disebut Coke. Di dalam negeri, Coca-Cola diproduksi oleh PT Coca-Cola Bottling Indonesia.

pepsi

Jeo menyatakan, keputusan PepsiCo tak lagi melakukan produksi dan distribusi di Indonesia telah dikomunasikan ke pihaknya sejak Agustus 2019. Sehingga, Pizza Hut bisa langsung mengambil langkah untuk mengantisipasi kondisi tersebut.

Menurut dia, berakhirnya kerjasama dengan Pepsi tak berpengaruh signifikan pada kondisi perusahaan. Lantaran rasa minuman Pepsi dan Coca-Cola tak jauh berbeda, begitu pula terkait perbedaan nilai kontrak antara kedua minuman tersebut.

"Tentu ada (sedikit pengaruh), karena perubahan merek. Tapi harga kontrak baru dengan Coca-Cola dibandingkan dengan Pepsi, enggak signifikan berubah," katanya.

Joe juga menjelaskan, pergantian suplai Pepsi ke Coca-Cola di restoran Pizza Hut dilakukan secara bertahap, tidak serentak di seluruh gerai. Pihaknya menargetkan, seluruh gerai sudah bisa berganti ke Coca-Cola pada November 2019 mendatang.

Baca Juga: Berhenti Kerjasama dengan Pepsi, KFC Gandeng Coca-Cola

"Enggak semua (outlet) bisa berganti secara bersamaan. Tergantung habisnya stok Pepsi di gerai tersebut dan jadwal suplai dari Coca-Cola. Kami sudah diskusikan hal ini, jadi kedua belah pihak tidak bermasalah, kalau perubahan setiap gerai bisa berbeda-beda tanggalnya," jelasnya.

Sekedar diketahui, PepsiCo Inc (PepsiCo) melakukan produksi dan distribusi di Indonesia bekerjasama dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM), di mana kedua perusahaan ini bakal mengakhiri kontraknya efektif mulai 10 Oktober 2019. Dengan demikian, AIBM tidak lagi memproduksi maupun mendistribusikan produk minuman bersoda tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini