nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

E-Commerce Indonesia Tumbuh 12 Kali Lipat sejak 2015

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 14:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 320 2113843 e-commerce-indonesia-tumbuh-12-kali-lipat-sejak-2015-RsMNx6AYWm.jpg Jumlah E-Commerce di Indonesia Terus Tumbuh. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Industri ekonomi digital diprediksi akan terus cemerlang dalam beberapa tahun ke depan. Salah satu faktor pendorong adalah moncernya sektor e-commerce dalam negeri.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf mengatakan, dalam laporan regional tahun 2019 mencakup lima sektor, yakni e-commerce, media online, transportasi online, wisata dan perjalanan, serta jasa keuangan digital sektor yang baru ditambahkan tahun ini.

Baca Juga: Sri Mulyani: Pusat Logistik Berikat E-Commerce Belum Beroperasi

Dari lima sektor, sektor e-commerce memiliki pertumbuhan paling pesat di antara keempat sektor lainnya. Sektor e-commerce di Indonesia diperkirakan mencapai USD21 miliar pada 2019.

E-commerce

Angka ini tumbuh 12 kali lipat sejak tahun 2015 lalu dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 88%. Ke depannya, e-commerce diperkirakan mengalam pertumbuhan mencapai USD82 miliar pada 2025.

Baca Juga: Daftar Peringkat 15 Startup Indonesia, Bukalapak Nomor 1

“Dalam empat tahun ke depan, laporan memprediksi pertumbuhan 12 kali Iipat untuk sektor e-commerce Indonesia dan pertumbuhan 6 kali lipat untuk transportasi online. Pembiayaan di Indonesia juga berpotensi untuk melebihi rekor yang tercatat pada tahun 2018,” ujarnya dalam paparan di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Menurut Randy, kehadiran e-commerce memberikan pengalaman berbelanja yang unik. Karena e-commece menggabungkan kemeriahan promo dengan unsur hiburan yang selalu memikat hati penggunanya untuk berbelanja.

Hal tersebut terbukti dengan kenaikan pencarian terkait voucher, kupon, dan promosi yang biasanya diberikan oleh pemain e-commerce selama festival belanja, seperti Harbolnas. Menurut Google Trends, pencarian tersebut telah meningkat dua kali lipat dalam empat tahun terakhir.

“Sekarang nanti Harbolnas tanggal cantik-cantik 11-11, 12-12 itu udah mulai. Promor tiket di google juga mulai banyak dicari,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini