Rumah dan Fasilitas Perekonomian Mendesak Dibangun Pasca-Kerusuhan Wamena

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 10 320 2115107 rumah-dan-fasilitas-perekonomian-mendesak-dibangun-pasca-kerusuhan-wamena-WRjR9IOxt4.png Pembangunan Wamena Pasca-Kerusuhan (Foto: Instagram Kementerian PUPR)

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan rehabilitasi di Wamena.

 Baca Juga: Jokowi Pantau Program Penanganan Bencana Alam dan Kerusuhan Wamena

Hal ini dilakukan dengan memperbaiki fasilitas umum, gedung pemerintahan, toko, dan rumah penduduk yang rusak akibat aksi massa pada Agustus lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR bersama TNI AD akan melakukan rehabilitasi di Wamena agar penanganannya lebih cepat dan memiliki kualitas mutu yang baik.

 Baca Juga: Jaringan Listrik di Wamena Kembali Normal Pasca-Kerusuhan

Bahkan telah dilakukan kunjungan lapangan bersama TNI AD untuk pendataan kerusakan pada Selasa, 8 Oktober 2019. Demikian dilansir dari Instagram resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (10/10/2019)

 Listrik di Wamena

Kepala Pusat Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan, Olahraga, dan Pasar Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto mengatakan bahwa hal yang perlu segera dan bersifat mendesak untuk dipulihkan adalah rumah dan fasilitas perekonomian. Hal itu demi bisa kembali berjalannya perekonomian masyarakat Wamena.

Selain kantor pemerintahan, menurut hasil identifikasi sementara sebanyak 26 sarana pendidikan, 450 ruko, dan 165 unit rumah warga mengalami rusak ringan serta 220 unit kendaraan rusak/terbakar.

Berdasarkan data Dinas PUPR Kabupaten Jayawijaya, perkiraan kerugian atas kerusakan 10 kantor Pemerintahan tersebut sebesar Rp25,6 miliar.

 Wamena

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini