nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Baju Oranye dan Sarung Tangan Merah, Sri Mulyani Pungut Sampah

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 10:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 11 20 2115565 pakai-baju-oranye-dan-kaos-tangan-merah-sri-mulyani-pungut-sampah-wzxqFI1X1d.jpg Sri Mulyani Pungut Sampah (Foto: Okezone.com/Yohana)

TANGERANG - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan bersih-bersih pantai pada pagi hari ini, Jumat (11/10/2019). Kegiatan memungut sampah tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Oeang ke-73 yang pertama kalinya dimulai pada 30 Oktober 1946.

Kegiatan tersebut dimulai dimulai pukul 08.20 WIB di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang. Sri Mulyani pun didampingi para jajaran Kementerian Keuangan.

 Sri Mulyani

Adapun yang hadir adalah Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara dan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi.

Selain itu, hadir juga Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Luky Alfirman, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rahmatawarta dan Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Andin Hadiyanto serta Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Astera Prima.

 Baca Juga: Menteri Susi Bersih-Bersih di Pantai: No More Plastic Use

Sri Mulyani bersama jajaran kompak menggunakan kaos berwarna oranye. Bendara Negara itu memadukan penampilannya dengan celana panjang berwarna cokelat, topi berwana abu-abu, serta sepatu berwarna hitam.

"Indonesia merupakan negara besar dengan penduduk yang banyak dan bahkan di Pulau Jawa menjadi salah satu pulau terpadat, maka isu lingkungan dan kebersihannya akan terus-menerus menjadi suatu isu yang tidak akan hilang tanpa kita semua ikut peduli dan berpartisipasi," ujar Sri Mulyani membuka acara.

 Sri Mulyani

Dia menyatakan, laut seringkali dijadikan tempat pembuangan sampah di dunia, hingga berakibat merusak ekosistem laut. Indonesia bahkan tercatat sebagai negara kedua di dunia yang menyumbang sampah terbanyak di laut, khususnya jenis plastik.

Tak heran jika ada beberapa kasus ikan di laut yang ditemukan mati karena menelan sampah. Oleh sebab itu, lanjutnya, dalam rangkaian peringatan Hari Oeang ke-73 dilakukan bersih-bersih pantai sebagai bentuk tanggungjawab menjaga lingkungan alam Indonesia.

"Jadi tidak hanya berpikir mengenai uang, karena walaupu uang banyak kalau lingkungan rusak dan kotor itu sama sekali tidak memberikan kualitas hidup yang baik. Ini adalah tanggung jawab kita semua untuk ikut memelihara dan membersihkannya," katanya.

Usai memberikan sambutan, Sri Mulyani dan seluruh jajaran melakukan pemungutan sampah di sepanjang bibir pantai. Dia nampak tidak canggung dan bersemangat saat membersihkan pantai.

 Sri Mulyani

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini