nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosrobahu Percepat Tol Cimanggis-Cibitung, Bagaimana Cara Kerjanya?

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 13 320 2116288 sosrobahu-percepat-tol-cimanggis-cibitung-bagaimana-cara-kerjanya-wSTVThooZx.png Tol Cibitung-Cimanggis (Foto: Instagram Kementerian PUPR)

JAKARTA - Saat ini, pembangunan ruas jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 terus dikebut. Demi mempercepat pembangunan, dilakukanlah pemutaran pier head dengan menggunakan teknologi Sosrobahu.

 Baca Juga: 4 Ruas Tol JORR II Beroperasi Tahun Ini, Ini Daftarnya

Hal ini diungkapkan oleh akun resmi Instagram Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menurut mereka, ini dilakukan agar jalan tol tersebut bisa beroperasi sepenuhnya pada 2020.

"Sebagai solusi, dilakukan pemutaran Pier Head menggunakan teknologi Sosrobahu dengan harapan konstruksi jalan tol ruas tersebut dapat segera selesai beroperasi sepenuhnya pada tahun 2020," tulis @kemenpupr, Minggu (13/10/2019).

Pasalnya, pembangunan ini dilakukan di atas jalan yang sudah beroperasi dengan kondisi volume kendaraan yang cukup tinggi.

 Tol Cibitung-Cimanggis

Selain itu, harus dilakukan pula pemutaran Pier Head yang masing-masingnya memiliki lebar sepanjang 32,8 meter dengan berat maksimal sebesar 1.200 Ton.

 Baca Juga: Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I Ditargetkan Beroperasi Kuartal I-2019

Perlu diketahui, teknologi Sosrobahu sendiri merupakan teknologi temuan anak bangsa yang sudah diakui dunia untuk memutar bahu lengan beton jalan layang.

Sosrobahu ditemukan oleh Ir. Tjokorda Raka Sukawati. Kemudian, teknologi ini menyebarluas dan telah digunakan di berbagai negara seperti Malaysia, Filipina, Singapura hingga Srilanka.

 Tol

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini