nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Calon Menteri Ekonomi Harus Bisa 'Angkat' Pasar Modal

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 07:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 16 278 2117904 calon-menteri-ekonomi-harus-bisa-angkat-pasar-modal-DQGONlJT8Z.jpg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan kabinet menteri untuk mendukung tugas-tugasnya sebagai kepala negara. Hal itu akan dilakukan setelah dirinya dan Ma'ruf Amin dilantik sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober.

Mengingat ekonomi merupakan isu yang vital bagi sebuah negara, maka diperlukan orang yang andal untuk mengisi posisi penting menteri bidang ekonomi. Dibutuhkan sosok yang memang berkompeten di bidangnya.

Senada, Analis Oso Sekuritas Sukarno Alatas mengatakan bahwa ke depannya kebijakan menteri-menteri pemerintahan Jokowi harus mampu meningkatkan iklim usaha. Sehingga perusahaan bisa mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan investasi dalam negeri.

Menurutnya, dengan begitu maka perusahaan bisa untung dan pasar modal dapat tumbuh. Ia menilai, dalam memilih kabinet kerja jilid II, Jokowi tentu sudah mempertimbangkan kapasitas tokoh-tokoh tersebut. Hanya saja, dia menekankan, pilihan tersebut haruslah yang berpihak kepada rakyat.

Para menteri yang akan dipilih, lanjutnya, pasti memiliki kapasitas untuk mengemban amanah tersebut. Tak hanya itu, yang dharapkan oleh masyarakat pastinya ialah sosok yang harus mengutamakan kepentingan rakyat.

Baca Selengkapnya: Kriteria Menteri Bidang Ekonomi Jilid II, Harus Bisa untuk Dorong Pasar Modal

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini