nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naik Pesawat Hipersonik, London-Sydney Cuma 4 Jam

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 20:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 16 320 2117803 naik-pesawat-hipersonik-london-sydney-cuma-4-jam-GAWPMcHudz.jpg Pesawat Hipersonik (Foto: CNN Business)

JAKARTA - Waktu penerbangan dari London ke Sydney bisa 80% lebih pendek pada tahun 2030-an, jika mesin roket hipersonik sedang dikembangkan di Inggris.

Badan Antariksa Inggris mengumumkan pada Selasa di Konferensi Antariksa Inggris 2019 bahwa mereka akan bekerja lebih dekat dengan Badan Antariksa Australia dalam sebuah perjanjian yang dijuluki "Jembatan Antariksa Pertama di Dunia".

Baca Juga: Viral Pesawat Tertiup Angin saat Takeoff, Bikin Deg-degan!

Mesin The Synergetic Air-Breathing Rocket Engine (SABER), dari Reaction Engine yang berbasis di Oxfordshire, tampaknya menjadi permata di mahkota perusahaan baru ini.

Melansir CNN, Jakarta, Rabu (16/10/2019), Kepala Badan Antariksa Inggris Graham Turnock mengatakan, mesin roket SABER membuahkan hasil, yaitu memungkinkan untuk mencapai Australia dalam waktu hanya sekitar empat jam.

saber

"Ini adalah teknologi yang pasti bisa mewujudkan hal itu. Layanan operasional mungkin akan dijalankan pada 2030," ujarnya.

Pada bulan April 2019, Reaction Engine mengumumkan tes pendahuluan yang sukses, mensimulasikan kondisi pada Mach 3.3, atau lebih dari tiga kali kecepatan suara. Lebih dari 50% lebih cepat daripada kecepatan jelajah Concorde yang digunakan untuk melakukan perjalanan antara New York dan Paris dalam waktu sekitar 3,5 jam. Sesuai dengan rekor kecepatan pesawat jet tercepat yang pernah dibuat, Lockheed SR-71 Blackbird.

mesin roket

Mesin SABER dirancang untuk mencapai kecepatan di atas Mach 5 di atmosfer Bumi, dan kemudian akan dapat berubah menjadi roket yang dapat terbang melalui ruang angkasa hingga Mach 25. Saat ini, perusahaan sedang menyelesaikan pembangunan fasilitas uji di Buckinghamshire di Inggris, yang akan menjadi lokasi demonstrasi pertama berbasis darat dari inti bernafas udara engine SABER.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini