nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Semua Biarpet itu Blackout, Kenali Dulu 2 Jenis Mati Lampu

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 10:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 17 320 2118050 tak-semua-biarpet-itu-blackout-kenali-dulu-2-jenis-mati-lampu-Vndb02h1wp.jpg Mati Lampu (Reuters)

JAKARTA - Masih ingat tragedi mati lampu alias blackout total pada tanggal 4 Agustus 2019? Kisah itu membekas bagi pelanggan. Tak heran jika saat ini ada mati lampu, maka menimbulkan kekhawatir akan berlangsung lama. Padahal belum tentu.

Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang. Ada baiknya para pelanggan mengenal jenis-jenis mati lampu yang diterapkan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), seperti dikutip dari Instagram PLN, Kamis (17/10/2019).

 Baca juga: Masih Ada 2% Penduduk RI Belum Nikmati Listrik

#Electrizen, ternyata nggak semua pemadaman diakibatkan oleh gangguan dan nggak semua pemadaman juga dijadwalkan secara rutin?

 Listrik

Pada umumnya, pemadaman listrik terbagi menjadi dua kategori, yaitu pemadaman terencana dan pemadaman tidak terencana.

 Baca juga: Pasca-Kerusuhan, Sistem Kelistrikan Wamena Pulih 100%

Pemadaman terencana yang dilakukan PLN dan bertujuan untuk pemeliharaan kelistrikan. Seperti pemeliharaan gardu distribusi yang mengharuskan penghentian aliran listrik dari PLN ke pelanggan.

Tapi petugas PLN mengusahakan untuk tidak memadamkan listrik, kok. Hanya ketika diperlukan saja supaya pemeliharaan listrik bisa berjalan baik dan tidak menimbulkan bahaya apapun. Ini juga dilakukan biar listrik di rumah #Electrizen tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya.

 Baca juga; Tips Aman Gunakan Listrik di Rumah, Nomor 7 yang Paling Sering Dilupakan!

Selanjutnya, ada juga pemadaman tidak terencana? Pemadaman ini disebabkan oleh ganggunan. Biasanya berupa gangguan alam, baliho, layang-layang, dan pohon yang terkena atau tersangkut pada jaringan listrik.

Pemadaman ini, seperti namanya, tidak dijadwalkan serta sangat tidak diharapkan terjadi. Durasi padamnya juga tidak dapat diketahui secara pasti karena perlu proses deteksi dan reparasi jaringan listrik.

Untuk pemadaman terencana akan dilakukan pemberitahuan melalui tokoh masyarakat setempat. Sedangkan pemadaman akibat gangguan, perlu banget jadi perhatian kita semua dalam menjaga jaringan listrik. Jadi kalau dirasa ada yang mengganjal pada jaringan listrik di wilayah #Electrizen segera hubungi contact center PLN 123 ya agar dapat ditindak segera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini