nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Ada 2% Penduduk RI Belum Nikmati Listrik

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 09:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 07 320 2113677 masih-ada-2-penduduk-ri-belum-nikmati-listrik-9EMghVo28v.jpg Masih Ada 2% Penduduk RI Belum Nikmati Listrik (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Rasio elektrifikasi yang menandakan tingkat perbandingan jumlah penduduk yang menikmati listrik dengan jumlah total penduduk yang belum menikmati listrik telah mencapai 98%.

"Saat ini rasio elektrifikasi PLN atau tingkat pemasangan listrik di Indonesia sudah mencapai lebih dari 98%, sehingga itu tersisa 2% penduduk Indonesia yang belum menikmati listrik," kata Senior Executive Vice President Business dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero) Yuddy Setyo Wicaksono dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (7/10/2019).

 Baca Juga: Ada 5,2 Juta Masyarakat Indonesia yang Belum Nikmati Listrik

Jika dihitung dari jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 250 juta jiwa, artinya ada sekitar 5,2 juta masyarakat Indonesia yang belum menikmati listirk. PLN berkomitmen bekerjasama dengan pemerintah agar dapat mencapai rasio elektrifikasi 99,9% ke depannya,

"Agar semua generasi penerus bangsa termasuk milennial punya pengalaman yang sama dalam menikmati kecanggihan teknologi (gadget, internet), anak perkotaan dan anak pedesaan tetap bisa menikmati listrik agar mampu berkembang dan bersaing di era digital saat ini," katanya.

Baca Juga: 4 Tahun Jokowi-JK, 98% Masyarakat Indonesia Sudah Nikmati Listrik

Listrik

Saat ini PLN mengembangkan sejumlah inovasi dalam upaya mengaplikasikan kegunaan listrik sebagai green smart power of energy.

Selain itu diadakan juga sosialisasi yang memberikan edukasi mengenai penggunaan kompor induksi yang lebih ramah lingkungan, termasuk juga penggunaan solar panel, motor listrik, serta ikut terlibatnya sejumlah komunitas kendaraan yang menggunakan listrik seperti komunitas segway dan komunitas pengguna motor dan sepeda listrik. Salah satunya melalui kreasi Friday Innovation Night 2019.

"Tidak tertutup kemungkinan, ditampilkan hal lainnya yang berhubungan dengan kemajuan teknologi dan inovasi-inovasi terbaru dari PLN," ujarnya.

 Listrik

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini