nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Badan Otorita Ibu Kota Baru Ditargetkan Terbentuk Akhir 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 19:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 18 470 2118827 badan-otorita-ibu-kota-baru-ditargetkan-terbentuk-akhir-2019-PSNOI5EEFw.jpg Badan Otorita Ibu Kota Baru Terbentuk Akhir 2019 (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah saat ini sedang memproses badan khusus yang bertanggung jawab untuk mengelola pembangunan dan pembiayaan infrastruktur di ibu kota baru. Lembaga tersebut bernama Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Terkait hal itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga, mengatakan bahwa badan tersebut saat ini sedang dirumuskan oleh Bappenas.

"Bappenas sedang merumuskan struktur organisasi badan otorita tersebut dan target, badan tersebut terbentuk pada akhir tahun," ujar dia di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

 Baca Juga: Banjir Peserta, Lomba Desain Ibu Kota Baru Diminati Warga Negara Asing

Menurut dia, dalam badan otorita itu akan terdapat beberapa kelompok kerja (pokja). Seperti pokja infrastruktur, pokja penyiapan regulasi, hingga pokja pembiayaan infrastruktur di ibu kota baru.

"Jadi, kami di PUPR masuk pokja infrastruktur. Institusi ini kan nanti namanya Badan Otorita IKN," tutur dia.

 Baca Juga: Bappenas Tampung Permintaan Warga Dayak Lahan 5 Ha Tiap Keluarga

Dia menambahkan, saat ini Kemenkumham dan Bappenas tengah melakukan rapat paralel dalam menyiapkan dan melakukan finalisasi kelembagaannya.

"Ini luas sekali penyiapan ibu kota negara," pungkas dia.

 Badan Otorita

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini