nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Terkini Seleksi CPNS 2019, Nomor 4 Jangan Sampai Terlewatkan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 07:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 19 320 2119086 fakta-terkini-seleksi-cpns-2019-nomor-4-jangan-sampai-terlewatkan-2RO1cknRsj.jpg Seleksi CPNS (Setkab)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Sama seperti tahun sebelumnya, pendaftaran dan seleksi akan kembali menggunakan teknologi atau berbasis digital.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, pengumuman pendaftaran CPNS tahun 2019 dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019. Berikut fakta-fakta mengenai seleksi CPNS 2019 seperti dirangkum Okezone, Minggu (20/10/2019).

 Baca juga: Jelang CPNS 2019, BKN Gaet 4 Kementerian untuk Integrasi Data Pelamar

infografis CPNS 2019 (Okezone)

1. Peserta Tak Perlu Jauh-Jauh Ke Jakarta

Dari sisi peserta, seleksi CPNS kini dinilai lebih menguntungkan. Di mana peserta tidak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta untuk mendaftar karena cukup membuka PC atau Laptopnya sudah bisa mendaftar.

Sementara untuk tesnya pun para peserta tidak perlu datang jauh-jauh ke Jakarta. Cukup datang menuju daerah terdekat sudah bisa mengikuti tes lewat Compputer Assisted Test (CAT).

 Baca juga: Sederet Fakta Cara Mengukur Kinerja PNS, Bawahan Juga Harus Nilai Atasan

2. Sebanyak 197.117 Posisi Disediakan

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka akhir Oktober 2019 mendatang. Rencanannya, akan ada sekira 197.117 posisi yang disediakan. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur KemenpanRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, saat ini pihaknya tengah menghitung kembali jumlah formasi yang sudah diajukan kepada panitia seleksi nasional (Panselnas). Penghitungan akan mempertimbangkan jumlah formasi yang diajukan dengan kebutuhan total dari pegawai yang pensiun.

3. Perhitungkan Potensi Daeah

KemenpanRB menyatakan, akan mempertimbangkan formasi berdasarkan potensi dari instansi tersebut. Khususnya formasi yang ada didaerah yang mana nantinya akan disesuaikan dengan letak geografis dan potensi ekonomi dari daerah itu sendiri.

Sebagai salah satu contohnya adalah daerah Bali. Tentunya dalam seleksi CPNS nantinya akan banyak formasi yang konsen di bidang pariwisata.

Lain halnya Kalimantan, yang mana nantinya akan diprioritaskan untuk SDM di bidang pertambangan. Mengingat daerah Kalimantan memiliki potensi ekonomi di bidang Minyak dan Gas Bumi (Migas) hingga Batu Bara.

4. Telah Rilis Jadwal Seleksi

Pengumuman pendaftaran akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi daring (online) pada November 2019. Sementara pngumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019. Kemudian dilanjutkan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020 dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020.

 infografis CPNS 2019 (Okezone)

Hasil SKD dijadwalkan akan diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020.

5. Mekanisme Seleksi Berbasis Komputer

BKN telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN sebagai tools utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS tahun 2019.

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal SSCASN:

a. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id

b. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga

c. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

d. Lengkapi biodata

e. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan

f. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen

g. Cek resume, cetak kartu pendaftaran.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini