nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eselon PNS Disederhanakan, Bambang Brodjonegoro: Itu Sangat Memungkinkan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 18:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 20 320 2119396 eselon-pns-disederhanakan-bambang-brodjonegoro-itu-sangat-memungkinkan-sgn20a9S6r.jpg Menteri PPN/Kepala Bappenas Kabinet Kerja Jilid I Bambang Brodjonegoro (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Kabinet Kerja Jilid I Bambang Brodjonegoro menyatakan, hal yang memungkinkan untuk menyederhanakan tingkat eselon Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut terkait pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin tingkat eseloin menjadi 2 level saja.

"Itu mungkin, sangat memungkinkan," kata Bambang ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Bahkan menurutnya, penyederhanaan eselonisasi bisa dilakukan dalam waktu dekat. "Bisa dalam waktu dekat," tambahnya.

Bambang Brodjonegoro Bicara dalam Diskusi Indonesia Pusat Ekonomi Islam Dunia

Bambang juga menilai, keinginan Jokowi tersebut hal yang baik. Perampingan tingkat eselon menurutnya bisa menyederhanakan mata rantai pengambilan keputusan yang selama ini cukup panjang.

"Artinya disederhanakan supaya enggak terlalu panjang rantai pengambilan keputusan, (kalau terlalu panjang) berarti semua proses jadi lambat," katanya.

Baca Juga: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Ketua MPR Ungkap Positifnya Perekonomian dan Berkurangnya Kemiskinan

Sebelumnya, Jokowi dalam pidatonya usai dilantik menjadi Presiden RI, menyebut akan terus melakukan penyederhanaan birokrasi secara besar-besaran. Salah satu yang diinginkan membuat tingkat eselon yang selema ini terdiri I,II,III, dan IV menjadi 2 level saja.

"(Sisanya) diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," katanya dalam Pidato Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, di Sidang MPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2019). 

Debat Kelima Pilpres 2019, Jokowi Tekankan Pentingnya Kemandirian Ekonomi

Jokowi juga meminta kepada para jajaran pejabat dan birokrat agar serius bekerja demi mencapai tujuan program pembangunan. Secara tegas dia mengatakan jika para menteri negara tidak serius, dia tak ragu untuk mencopot jabatannya.

"Bagi yang tidak serius, saya tidak akan memberi ampun. Saya pastikan, pasti saya copot," ujar Jokowi.

Baca Juga: Mimpi Jokowi di 2045, RI Jadi Negara Maju dengan PDB USD7 Triliun

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini