nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulus di Amerika hingga Dipanggil Jokowi, Ini Profil Agus Gumiwang Sang Calon Menperin

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 15:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 22 320 2120214 lulus-di-amerika-hingga-dipanggil-jokowi-ini-profil-agus-gumiwang-sang-calon-menperin-dVv1VvFpXD.jpg Agus Gumiwang Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid II. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Agus Gumiwang di Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini. Mantan Menteri Sosial tersebut mengakui diminta mengisi salah satu kursi menteri di jajaran Kabinet Kerja Jilid II.

Agus mengatakan dirinya akan menjadi menteri terkait membangun sumber daya manusia (SDM) di segala bidang dan berkaitan dengan manufaktur.

"Tunggu pengumuman Pak Presiden Jokowi besok ya," ujar Agus singkat, Selasa (22/10/2019).

Baca Juga: Bakal Jadi Menteri, LHKPN Suharso Cuma Catat Kas dan Setara Kas Rp84 Juta

Agus Gumiwang tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Dia pun mengaku baru dihubungi semalam oleh pihak Istana pada pukul 22.30 WIB untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Agus Gumiwang

Sekilas tentang Agus Gumiwang Kartasasmita

50 tahun silam, atau lebih tepatnya pada 3 Januari 1969, Agus lahir di Jakarta. Dengan memiliki nama lengkap Agus Gumiwang Kartasasmita, Dia merupakan hasil perkawinan Ginandjar Kartasasmita dengan Yultin Harlotina.

Baca Juga: Bertemu Jokowi Bahas Tenaga Kerja, Ida Fauziyah Jadi Menaker?

Riwayat pendidikannya cukup cemerlang. Agus sudah merasakan belajar di luar negeri sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Tercatat, sejak 1985-1994, Dia menghabiskan waktunya untuk menimba ilmu di Amerika Serikat. Adapun kampus yang Agus jajaki adalah Northeastern University dan Pacific Western University. Kemudian, untuk S2 dan S3 Agus menyelesaikannya di Bandung. Tepatnya di Universitas Pasundan (2007-2009) dan Univeritas Padjajaran (2010-2012).

Dikutip dari situs resmi miliki Agus, Selasa (22/10/2019), setelah menjadi sarjana, Dia langsung menduduki posisi Wasekjend DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Presiden Direktur PT. Agumar Eka. Setelah itu, Agus aktif menjadi anggota MPR dan DPR RI sejak 1998.

Puncaknya Dia berhasil menjadi Menteri Sosial pada 24 Agustus 2018. Kala itu, Agus menggantikan Menteri Sosial sebelumnya, Idrus Marham yang tersandung kasus korupsi PLTU Riau-1.

Terlepas dari pendidikan dan karirnya yang cemerlang, Agus memiliki keluarga yang harmonis. Dia menikahi seorang wanita bernama Loemongga H. Salomons dan dikaruniai 3 anak yang seluruhnya memiliki nama seperti ayahnya: Kartasasmita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini