nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sertijab Menko Perekonomian, Darmin ke Airlangga: Selamat Datang

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 18:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 23 20 2120844 sertijab-menko-perekonomian-darmin-ke-airlangga-selamat-datang-Pus3GqwNzm.jpg Sertijab Menko Perekonomian (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Darmin Nasution melakukan serah terima jabatan (sertijab) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian kepada Airlangga Hartarto. Hal ini mengingat di periode pemerintahan kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi), Airlangga ditunjuk untuk menggantikan posisi Darmin.

Dalam kesempatan itu, Darmin tampak menggunakan pakaian batik, sedangkan Airlangga tampil dengan mengenakan setelan tuksedo. Keduanya juga terlihat hadir didampingi sang istri.

 Baca Juga: Jonan soal Arcandra: Gaji Dia Lebih Besar karena Wakil Komut Pertamina tapi...

Sertijab ini turut dihadiri sejumlah menteri dibawah Kemenko Perekonomian. Diantaranya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Selain itu, hadir pula Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto.

 Baca Juga: Digantikan Erick Thohir Jadi Menteri BUMN, Rini Soemarno Menangis

"Selamat datang di Kantor Menko Perekonomian. Namanya kantor kemenko jangan dibandingkan dengan kantor kementerian teknis, memang seperti ini ruangannya, tapi dari sini sudah banyak sekali melahirkan langkah-langkah besar bagi negara ini," ucap Darmin dalam sambutannya kepada Airlangga di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

 Darmin-Airlangga

Dia menjelaskan, dalam jabatan yang kini dimiliki Airlangga, maka akan membawahi 10 menteri ekonomi lainnya. Oleh sebab itu, Airlangga harus mampu melakukan koordinasi pada setiap menteri tersebut, utamanya terkait persoalan pangan yang sangat berpengaruh pada laju inflasi.

"Tapi saya sangat yakin bahwa Pak Airlangga akan sangat cepat menyesuaikan diri," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Airlangga menyatakan, capaian yang ditorehkan Darmin di pemerintahan periode pertama Jokowi akan dilanjutkan dirinya. Menurutnya, sejak menjabat sebagai Menko Perekonomian maka awal dari kerja keras dah kerja cepat untuk mewujudkan mimpi Indonesia menjadi Negara Maju di tahun 2045.

Dirinya akan mengerjakan lima prioritas yang menjadi arahan Jokowi yakni pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur, penyederhanaan regulasi dan birokrasi, serta transformasi ekonomi.

"Jadi terima kasih dan apresiasi atas kepemimpinan Pak Darmin dalam mengordinasikan kami semua, para menteri bidnag ekonomi di periode 2015-2019, serta pengalaman panjangnya di bidang perekonomian. Pak Darmin akan terus memberikan sumbangsih pemikiran untuk menuju Indonesia maju," ungkapnya.

Sekadar diketahui, Airlangga pada pemerintahan periode pertama Jokowi menjabat sebagai Menteri Perindustrian, yang artinya dulu dia berada di bawah koordinasi Darmin. Adapun Jokowi melanjutkan periode pemerintahan keduanya bersama Ma'ruf Amin, yang menjabat sebagai Wakil Presiden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini