nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri ESDM Diganti, Tarif Listrik Bakal Naik pada 2020?

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 17:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 24 320 2121303 menteri-esdm-diganti-tarif-listrik-bakal-naik-pada-2020-k8MvZfIulk.jpg Tarif Listrik (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM menilai belum ada kenaikan tarif listrik pada 2020 termasuk untuk pelanggan rumah tangga mampu (RTM) 900 volt ampere (Va) yang tidak akan lagi menerima subsidi dari pemerintah.

 Baca Juga: Tarif Listrik Tahun Depan Akan Fluktuatif

Seperti diketahui, pemerintah sudah sepakat menghapus subsidi bagi pelanggan listrik RTM 900 va per tahun depan sehingga mereka akan terkena penyesuaian tarif.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan bahwa belum ada keputusan untuk penyesuaian tarif listrik pada 2020.

 Baca Juga: Jabat Menteri ESDM, Arifin Tasrif: Hari Pertama Kerja, Saya Belajar Dulu

"Apakah listrik di 2020 akan naik atau tidak, itu belum diputuskan," ujar dia di kantornya, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

 Listrik

Menurut dia, tidak berubahnya tarif listrik itu lantaran harga batu bara sebagai bahan baku penggerak pembangkit tengah dalam posisi melemah sehingga biaya produksi listrik bisa ditekan.

"Maka itu, logikanya harga keekonomian juga turun," ungkap dia.

Dia menambahkan komponen yang mempengaruhi tarif listrik adalah nilai tukar dolar AS, inflasi, harga minyak Indonesia dan batu bara yang baru saja dimasukkan.

"Penyesuaian dalam hal ini kenaikan akan terjadi jika komponen-komponen itu juga mengalami eskalasi," pungkas dia.

 Sertijab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini