Rekrutmen CPNS 2019 Diumumkan Serentak Lewat Website dan Medsos

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 320 2122583 rekrutmen-cpns-2019-diumumkan-serentak-lewat-website-dan-medsos-jLeOb2s3Yj.jpeg Ilustrasi Seleksi CPNS. (Foto: Okezone.com/Dok/ Kemenpan RB)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih optimis pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dilakukan pada Oktober ini. Meskipun, belum ada arahan apapun dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, pengumuman nantinya akan dilakukan oleh Menpan RB yang baru yakni Tjahjo Kumolo. Setelah itu, masing-masing instansi akan mengumumkan formasi yang dibuka kepada publik.

Baca Juga: Kapan Rekrutmen CPNS Dibuka? BKN: Kami Masih Optimistis Akhir Oktober

Pengumuman masing-masing instansi tersebut biasanya serentak melalui berbagai cara. Seperti, diumumkan lewat website ataupun media sosial masing-masing insansi.

“Setelah diumumkan oleh Menpan RB, masing-masing instansi penyampaikan pengumuman detail lewat web dan media sosial mereka,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (28/10/2019).

Infografis CPNS 2019

Namun, menurut Ridwan, pengumuman baru bisa dilakukan jika formasi yang diajukan sudah difinalisasi. Jika belum, maka instansi harus mendapatkan izin dari Kemenpan RB terlebih dahulu agar bisa masuk ke dalam sistem SSCASN.

“Jika setting formasi sudah difinalisasi oleh instansi, maka lowongan CPNS 2019 dapat juga diihat di sscasn.bkn.go.id,” ucapnya.

Baca Juga: PNS Kemenaker Rela Tato Lengannya demi Kenang Hanif Dhakiri

Secara sistem, lanjut Ridwan, BKN sudah memastikan semuanya siap secara penuh. Apalagi pada Selasa dan Jumat pekan lalu, pihaknya melakukan bimbingan teknis sistem dengan mengundang seluruh instansi pemerintahan pusat dan daerah.

Salah satu sistem yang disosialisasikan adalah input data pendidikan dan kesehatan. Sistem ini merupakan pertukaran data antara BKN dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrsitekdikti).

Menurutnya, dengan sistem ini akan lebih mempermudah calon pelamar. Karena menurutnya, sistem ini bisa mengrangi jumlah pengumpulan berkas pada saat pendaftaraan CPNS.

Infografis CPNS 2019

Dengan sistem itu lanjut Ridwan, nantinya para pelamar hanya harus menginput nama dan nomor induk mahasiswa (NIM) saja. Nantinya, secara automatis seluruh berkas pendidikan dari mulai nomor ijazah, nilai IPK hingga akreditasi kampus akan terinput dengan sendirinya.

“Selasa-Jumat lalu kami lakukan bimbingan teknis kepada admin instansi untuk setting formasi dll di SSCASN. Semoga setting tersebut selesai sebelum pengumuman resmi penerimaan CPNS 2019 keluar,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini