nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jembatan Holtekamp Berganti Nama Jadi Youtefa, Ini Alasannya

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 16:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 28 470 2122705 jembatan-holtekamp-berganti-nama-jadi-youtefa-ini-alasannya-mCQnWoeZvk.jpg Jembatan Holtekamp Jayapura, Papua. (Foto: Okezone.com/Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan Jembatan Youtefa di Papua, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Sebelumnya, jembatan ini dikenal sebagai Jembatan Holtekamp yang menjadi ikon baru di Papua.

Beberapa bulan lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan alasan dari perubahan nama jembatan tersebut. Dia mengatakan alasan utamanya adalah karena daerah dari Jembatan Youtefa sendiri yang berada di Teluk Youtefa.

Baca Juga: Jembatan Youtefa Diresmikan, Jayapura-PLBN Skouw Jadi 30-45 Menit Saja

"Jadi karena ini memang di daerah Teluk Youtefa. Jadi sangat relevan sekali usulan nama itu. Saya akan sampaikan kepada bapak Presiden (Jokowi) kalau ini namanya diusulkan sebagai Jembatan Youtefa," ujarnya saat meninjau Jembatan Holtekamp, Jayapura, Papua.

Sebelumnya, Jembatan Youtefa di Papua akhirnya diresmikan hari ini. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, jembatan ini diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jembatan Holtekamp

Dulu, jembatan ini dikenal dengan nama Jembatan Holtekamp. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui akun resmi Instagramnya.

Baca Juga: Lindungi Laut, Indonesia Capai Target Perluasan Kawasan Konservasi

"#KabarPUPR – Empat tahun dibangun, akhirnya Jembatan Youtefa di Papua diresmikan Presiden @jokowi hari ini, Senin (28/10) bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Jembatan yang dulu sering dikenal dengan nama Jembatan Holtekamp ini menghubungkan daerah Hamadi menuju Holtekamp," tulis @kemenpupr di Instagram, Senin (28/10/2019).

Jembatan Youtefa memiliki panjang kurang lebih 1.800 meter dan lebar 17 meter. Pasalnya, jembatan ini menghubungkan daerah Hamadi menuju Holtekamp.

Warna-warni Jembatan Holtekamp Jadi Ikon Wisata Baru di Papua

Dengan adanya jembatan ini, maka waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju PLBN Skouw bisa terpangkas. Dari 1,5-2 jam perjalanan, akan terpangkas hingga 30-45 menit.

Perlu diketahui, Jembatan Youtefa juga mendorong pengembangan Kota Jayapura ke arah Skouw, menunjang wisata bahari di Teluk Youtefa, dan akan mendukung pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2020. Ini merupakan salah satu bukti komitmen Presiden Jokowi di wilayah Timur Indonesia.

Warna-warni Jembatan Holtekamp Jadi Ikon Wisata Baru di Papua

Adapun total keseluruhan biaya pembangunan mencapai Rp1,8 triliun. Jembatan ini juga terdiri dari dua bentang utama dengan pelengkung baja. Masing-masing panjang bentang utama 150 meter, tinggi 20 meter dan berat 2.000 ton.

Awalnya, Jembatan Youtefa ditargetkan akan rampung pada Juli 2019. Namun, molor hingga baru bisa diresmikan pada akhir Oktober 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini