nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jitu Siapkan Budget Liburan Akhir Tahun, Jangan Pakai Dana Tabungan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 30 320 2123767 tips-jitu-siapkan-budget-liburan-akhir-tahun-jangan-pakai-dana-tabungan-kK2zLD3P82.jpg Trik Hemat (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Berlibur adalah hal yang mungkin disukai bagi sebagian besar orang. Bukan tanpa alasan, menghabiskan waktu sepanjang hari untuk bekerja dan melakukan rutinitas lainnya tentu sangat membosankan dan melelahkan.

Oleh karena itu, kebanyakan orang menjadikan momen liburan akhir tahun sebagai waktu untuk melepaskan penat. Namun, sudahkah kamu menyiapkan budget? Sudahkah kamu menentukan waktu yang tepat?

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Memasuki penghujung tahun ini, seseorang yang ingin berlibur seharusnya sudah memiliki perencanaan. Perencana Keuangan Ahmad Ghazali mengatakan, dana untuk liburan bahkan bisa disiapkan sejak liburan akhir tahun lalu usai.

"Jika seseorang rutin liburan di akhir tahun, ya baiknya siapkan dana setelah selesai liburan tahun lalu," ujar Ghazali ketika dihubungi Okezone.

hemat

Adapun dana liburan tersebut dapat disiapkan dengan berbagai cara sesuai dengan aliran pemasukan dan pengeluaran setiap orang. Salah satunya, dengan memisahkannya dari tabungan untuk keperluan lainnya.

Sementara sumber dana, lanjut Ghazali, dapat disiapkan dari penghasilan tidak rutin. Pasalnya, hal itu dinilai Ghazali dapat menambah semangat seseorang untuk mengumpulkan dana karena dianggap tak mengganggu anggaran lainnya.

"Pisahkan dari tabungan lain. Sumbernya bisa dari penghasilan tidak rutin. Misalnya uang lembur, penghasilan sampingan, hasil investasi. Jadi lebih semangat cari tambahan karena ada reward liburan," jelas Ghazali.

Jika dana telah terkumpul hingga pada waktunya, maka tinggal menjalankan liburan sesuai dengan rencana. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap berhemat sesuai dengan budget yang telah dikumpulkan.

Terkait hal itu, Ghazali menerangkan, kunci untuk berhemat pada saat liburna akhir tahun adalah di perencanaan. Pada saat liburan akhir tahun, ada baiknya untuk merencanakan waktu, tempat, serta keperluan yang sekiranya dibutuhkan pada saat liburan.

Baca Juga: Mau Ngutang ke Bank? Kenali Dulu BI Checking

"Rencanakan kapan, kemana, sama siapa saja, berapa lama, dan apa saja yang mau dilakukan. Karena yang tidak direncanakan biasanya jadi melebar jauh budgetnya," ujar Ghazali.

Apalagi dengan kemudahan teknologi yang ada saat ini, kita dapat dengan mudah melihat ulasan-ulasan terkait penginapan, restoran, hingga lokasi wisata tertentu. Dengan melihat itu, seseorang dapat dengan mudah merencanakan dana yang kan ia keluarkan.

hemat

"Jaman sekarang lebih enak bisa liat review orang lain dimana (tempat) makan yang enak sesuai budget, spot yang perlu dikunjungi dan kisaran harga transportasinya. Jadi enggak dibohongin atau dimahalin," jelasnya.

Menurut Ghazali, melakukan liburan akhir tahun merupakan suatu hal yang sah-sah saja untuk dilakukan, asal sesuai dengan budget. Jika memang dana yang dikeluarkan terlihat besar, pastikan kamu mendapatkan hal yang sesuai dengan biaya yang kamu keluarkan.

"Kalau memang keluar uang banyak, pastikan saja it worth the money. Enjoy untuk diri, bukan untuk impress orang lain," tutup Ghazali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini