nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Alasan Mengapa Bisnismu Harus Gunakan Transaksi Digital

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 19:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 31 320 2124213 3-alasan-mengapa-bisnismu-harus-gunakan-transaksi-digital-jLIYYCZX1Z.jpg Belanja Online (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, banyak temuan-temuan baru yang mempermudah hidup manusia. Salah satunya adalah inovasi dompet digital yang tengah populer sekarang.

Dengan munculnya opsi pembayaran digital baru seperti Apple Pay, Samsung Pay, PayPal dan Google Wallet, pembayaran tunai akan sangat jarang ditemui.

Baca Juga: Bos Tokopedia: Pasar Boyolali Lebih Berpotensi daripada Bangkok

Melansir dari Entrepreneur, Kamis (31/10/2019), Worldpay's 2019 Global Payment melaporkan penggunaan pembayaran digital meningkat menjadi 28% pada 2022. Mengingat tren ini, mungkin sudah saatnya untuk kamu pertimbangkan agar menghapus pembayaran tunai dari bisnismu secara keseluruhan. Meskipun ini adalah ide yang cukup gila untuk berhenti menerima uang tunai, namun sebenarnya ada banyak manfaatnya.

Berikut 3 alasan mengapa bisnismu harus bertransformasi dari pembayaran tunai ke digital:

e-commerce

1. Meningkatkan efisiensi pembayaran

Kebanyakan orang malas mampir ke gerai makanan atau minuman karena melihat antrian yang begitu panjang. Konsumenmu tidak ingin menghabiskan waktu untuk menunggu antrean checkout, maka dari itu perusahaan seperti Starbucks telah mempromosikan aplikasi pesanan dan bayar digital yang memungkinkan pelanggar tidak akan bayar dengan uang tunai dan mengantri panjang.

Selain itu, Amazon Go juga menerapkan sistem ini, tidak ada antrian, tidak ada transaksi tunai, hanya ambil dan pergi. Menurut eMarketer, 43% pengguna internet di Amerika Serikat lebih suka mencoba scan-and-go daripada menunggu dalam antrian pembayaran.

2. Membuat Seorang Accounting Lebih Mudah Mengelola Keuangan

Ketika bisnismu masih menggunakan uang tunai, kamu benar-benar harus menghitung setiap rupiah dan itu bisa membuat frustasi. Tetapi dengan pembayaran digital, setiap transaksi secara otomatis dapat dilacak dan tercatat.

Kamu akan membutuhkan sedikit waktu untuk menghitung dan mencatat transaksi, dibanding dengan cara manual. Kamu juga tidak perlu ke bank untuk mendapatkan uang receh atau melakukan setoran harian. Selain itu, dengan data real time tentang arus kas bisnismu.

Kamu akan lebih bisa melihat peluang untuk peningkatan dan membuat keputusan bisnis yang tepat untuk meningkatkan laba perusahaan yang lebih banyak lagi.

digital

3. Mengurangi Risiko

Menyimpan uang tunai akan meningkatkan risiko pencurian. Belum lama, pemilik Park Cafe & Coffee Bar di Baltimore mengatakan bahwa ia baru saja kehilangan uang setelah dirampok dengan 5 todongan senjata dalam empat bulan.

Lain halnya, jika kamu sudah menerapkan sistem 'cashless', risiko pencurian dan perampokan dalam bisnismu akan mengurang dan kamu bisa tetap bertugas tanpa perlu khawatir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini