nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Water Barrier yang Bergeser Sendiri, Ini Sederet Fakta Unik Tol Malang-Pandaan

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 09:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 01 320 2124513 water-barrier-yang-bergeser-sendiri-ini-sederet-fakta-unik-tol-malang-pandaan-8hMAGq1hQL.jpg Tol Pandaan-Malang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Tol Pandaan-Malang yang sudah bisa beroperasi pada akhir 2019 itu membuat heboh masyarakat. Pasalnya, tersebar video berdurasi 27 detik yang menggambarkan water barrier berwarna oranye bergerak sendiri.

Namun video tersebut telah di klarifikasi oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), selaku pengelola jalan tol tersebut menjelaskan bahwa faktor penyebab kejadian tersebut adalah bocornya water barrier yang sebelumnya telah diisi air sesuai aturan.

Maka dari Okezone telah merangkum fakta-fakta menarik soal Tol Malang-Pandaan, Sabtu (2/11/2019):

1. Viral, Water Barrier di Tol Malang-Pandaan Bergeser Sendiri Saat Malam

Sebuah video viral di kalangan warga plus 62 dan media sosial. Video berdurasi 27 detik itu mengisahkan rekaman water barrier berwarna oranye bergerak sendiri di saat malam hari. Kejadian itu terjadi di ruas Tol Pandanaan-Malang?

Baca Juga: Besok Beroperasi, Tol Pandaan-Malang Seksi Singosari-Pakis Gratis

Saat video tersebut beredar, banyak netizen di Twitter yang mengaitkannya dengan hal mistis. Salah satu contohnya adalah tweet ini.

"Bg*t emg nih dedemit, gw sumpahin jadi setan seumur hidup lu," tulis @L**ho*g***nd*l.

"Horor ini...," tulis @**mbu**ra*ae.

Jalan Tol

Namun, rupanya kejadian tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan hal mistis. PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) telah buka suara terkait kejadian 'mistis' tersebut.

2. Klarifikasi PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM)

Menanggapi viralnya video water barrier yang bergerak dengan sendirinya di Jalan Tol Pandaan – Malang, anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), selaku pengelola jalan tol tersebut menjelaskan bahwa faktor penyebab kejadian tersebut adalah bocornya water barrier yang sebelumnya telah diisi air sesuai aturan.

Baca Juga: Konstruksi Selesai, Tol Pandaan-Malang Seksi IV Ditargetkan Beroperasi Oktober

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/10/2019), kejadian tersebut terjadi di proyek pembangunan rest area Km 65-66 Jalan Tol Pandaan-Malang pada hari Senin (28/10) pukul 18.00 WIB. Water barrier yang bocor mengakibatkan water barrier tersebut kosong sehingga saat terjadi hembusan angin yang cukup kuat dikarenakan lokasi Rest Area tersebut merupakan daerah bukit yang digali serta di sisi selatan terdapat lembah yang terbuka, water barrier kosong tersebut terdorong ke arah tengah.

Bagaimanapun juga, PT JPM telah memastikan water barrier yang bocor tersebut saat ini telah diganti dengan yang baru serta memastikan seluruh water barrier yang ada di sepanjang Jalan Tol Pandaan-Malang juga terisi air. Langkah ini dilakukan agar water barrier tidak bergerak sehingga dapat menghalangi kendaraan yang melintas dan menimbulkan bahaya untuk pengguna jalan.

3. Presiden Targetkan Tol Pandaan-Malang Beroperasi Akhir 2019

Meski sudah diresmikan ruas tol Pandaan - Malang masih menyisakan pekerjaan rumah (PR) lantaran belum selesainya pengerjaan seksi 4 Singosari - Pakis dan seksi 5 ruas Pakis - Kota Malang. Presiden Joko Widodo meminta kedua seksi tol yang menjadi bagian dari Tol Pandaan-Malang bisa segera diselesaikan akhir tahun 2019 ini.

"Tadi kurang sedikit ada 7,5 kilometer. Sebisa mungkin diselesaikan maksimal akhir tahun," ujar Presiden Joko Widodo saat meresmikan tol Pandaan-Malang, Senin.

Kedua ruas tol ini belum sepenuhnya selesai dikerjakan, bahkan pengerjaan di seksi 5 masih terkendala adanya Situs Sekaran di KM 37 tepatnya di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

4. Biaya Investasi Mahal, Tarif Tol Pandaan-Malang Dikenakan Rp898/Km

Tarif jalan Tol Pandaan-Malang sudah resmi ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tarif tol ini berlaku sejak tanggal 9 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB, melalui surat keputusan (SK) Nomor 713/KPTS/M/2019 dengan besaran Rp898 per kilometer (Km).

Anggota Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian PUPR Agita Widjajanto mengatakan, besaran tarif ini didasari pada tingkat kesulitan konstruksi yang ada di ruas Jalan Tol Pandaan-Malang.

"Untuk membangun ruas tol sudah ada spesifikasinya. Kalau diperuntukkan luar kota dengan kecepatan maksimal tinggi membutuhkan luasan tanah dan infrastruktur yang menunjang. Tidak mungkin geometrik jalan dibuat patah - patah," jelas Agita, saat konferensi pers di Kantor PT Jasamarga Pandaan Malang.

5. Daftar Lengkap Tarif Tol Pandaan-Malang

Jalan Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur, seksi 1-3 mulai berbayar per 9 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 713/KPTS/M/2019.

Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan Malang Agus Purnomo mengatakan, surat keputusan itu ditandatangani 1 Agustus 2019 dan sesuai aturan berlaku tujuh hari setelah penandatanganan atau tepatnya mulai Jumat 9 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB.

Besaran tarif Tol Pandaan-Malang bervariasi, untuk kendaraan Golongan 1 dari Pintu Tol Pandaan hingga Singosari dikenakan tarif Rp27.500, Golongan II dan III Rp41.500 dan Golongan IV dan V sebesar Rp55.000.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini