nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Bali Baru dengan Kucuran Kredit Pembangunan Bandara

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 04 November 2019 08:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 04 320 2125346 percepat-bali-baru-dengan-kucuran-kredit-pembangunan-bandara-lkV6XduT9M.jpg Pengembangan Bali Baru (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah mulai menggeber pengembangan destinasi wisata prioritas yang disebut 10 Bali Baru. Dengan adanya Bali Baru ini bertujuan menarik wisatawan asing berkunjung ke Indonesia dan tentunya menggenjot devisa.

 Baca Juga: Menhub Ajak Bos Maskapai Penerbangan Bangun 'Bali Baru'

Terlebih lagi Presiden Jokowi menargetkan pengembangan Bali Baru rampung akhir 2020.

"Pesan pak Presiden Joko Widodo menginginkan lima destinasi pariwisata super prioritas selesai. Di mana lima destinasi itu seperti, Labuan Bajo, Danau Toba, Borobudur dan Mandalika dan Likupang," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono belum lama ini.

 Baca Juga: Ini Hasil Rapat Menteri PUPR Bareng Erick Thohir hingga Angela Tanoesoedibjo

Pengembangan 10 Bali Baru dilakukan bersama-sama, baik BUMN hingga pihak swasta. Pengembangan itu seperti pembangunan bandara, pelabuhan hingga akses jalan.

Selain swasta, ada BUMN yang terlibat dalam pengembangan Bali Baru. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap mendukung pengembangan 10 destinasi wisata prioritas yang merupakan program pemerintah untuk menggenjot devisa.

 Bandara

Direktur BTN Mahelan Prabantarikso mengatakan, dukungan perseroan terhadap sektor pariwisata sangat besar. Hal ini ditandai dengan jumlah kredit yang disalurkan kepada sektor tersebut mencapai 10% dari total kredit BTN.

"Program pariwisata ini kan salah satunya adalah hotel dan ini masuk bagian dari properti. Selain itu, BTN banyak membantu merenovasi dan membantu Kredit Usaha Kecil yang sifatnya membangun UMKM berkaitan dengan pariwisata," ujar Mahelan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (4/11/2019).

 Labuan Bajo

Mahelan menjelaskan, untuk sektor infrastruktur yang terkait dengan pariwisata BTN juga telah menyalurkan kredit ke PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II mencapai sekitar Rp2 triliun.

Jika bandara tersebut jadi maka akan banyak proyek di daerah sekitar yang bisa dibiayai oleh BTN seperti kredit konstruksi hotel ataupun pembangunan home stay.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini