CEO McDonald's Dipecat karena Ada 'Apa-Apa' dengan Karyawan

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 04 November 2019 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 04 320 2125371 ceo-mcdonald-s-dipecat-karena-ada-apa-apa-dengan-karyawan-e4usVJFpiX.png CEO McDonald's Dipecat (Foto: CNBC)

JAKARTA - Salah satu perusahaan raksasa McDonald's resmi memecat CEO mereka Steve Easterbrook pada Minggu waktu setempat. Pasalnya, baru-baru ini dia diduga terlibat hubungan konsensual dengan seorang karyawan, di mana itu melanggar kebijakan perusahaan.

 Baca Juga: Banyak Skandal, Ini Daftar 10 Perusahaan dengan Reputasi Terburuk di Amerika

Dewan McDonald's mendapati Easterbrook yang telah memimpin sejak 2015 telah "menunjukkan penilaian buruk" yang melibatkan hubungan itu. Easterbrook juga menanggalkan kursinya di dewan perusahaan.

"Ini adalah kesalahan. Jika melihat peraturan perusahaan, saya setuju dengan dewan direksi bahwa inilah saatnya bagi saya untuk pergi," ucap Easterbrook dilansir dari Reuters, Senin (4/11/2019).

 Baca Juga: Jin Gong Men China Ltd., Nama Baru Perusahaan Mcdonald's di China

Kepergian Easterbrook adalah salah satu yang paling mencolok di perusahaan Amerika dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, pemecatan tersebut dikarenakan hubungan yang dianggap tidak pantas.

Pengawasan terhadap eksekutif dan perlakuan mereka terhadap karyawan telah meningkat di tengah gerakan media sosial #MeToo, yang menyoroti contoh pelecehan seksual di tempat kerja. Pada Juni 2018, CEO Intel Corp Brian Krzanich mengundurkan diri setelah kedapatan memiliki hubungan saling suka dengan karyawan yang mana itu melanggar kebijakan perusahaan.

 McD

Chris Kempczinski yang baru-baru ini menjadi presiden McDonald di AS, diangkat sebagai CEO baru perusahaan. Selain itu, Dia juga bergabung dengan dewan McDonald.

Dalam pesannya kepada karyawan, Kempczinski berterima kasih kepada Easterbrook karena telah merekrutnya ke McDonald dan dia berharap perusahaan untuk melanjutkan rencana pertumbuhan yang berfokus pada pelanggan. CHairman McDonald Enrique Hernandez Jr. menyebut Kempczinski sebagai orang yang "instrumental" dalam mengembangkan rencana strategis perusahaan.

McDonald yang berbasis di Chicago, salah satu merek yang paling dikenal di dunia, baru-baru ini merayakan peringatan 40 tahun Happy Meal untuk anak-anak. Mereka dikenal karena reputasinya yang ramah keluarga.

 McD

Perusahaan tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang keadaan di sekitar kepergian Easterbrook. McDonald diharapkan mau mengungkapkan informasi keuangan terkait dengan pemberhentian Easterbrook dalam pengarsipan sekuritas sesegera mungkin.

"Meskipun jelas bahwa McDonald sedang berada di situasi buruk, mereka mempertahankan salah satu tim manajemen terdalam dan bertenor paling lama, yang seharusnya membantu memberikan stabilitas melalui transisi yang tidak terduga ini," ujar analis Raymond James Brian Vaccaro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini