nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stratolaunch si Pesawat Sebesar Lapangan Bola? Berikut 10 Faktanya

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 04 November 2019 14:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 04 320 2125490 stratolaunch-si-pesawat-sebesar-lapangan-bola-berikut-10-faktanya-Vn6CJWQsP6.png Pesawat Terbesar Stratolaunch. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA - Stratolaunch merupakan pesawat terbesar di dunia. Saking besarnya dibutuhkan dua pesawat dengan kokpit terpisah untuk menciptakan sebuah Stratolaunch.

Pesawat ini dirancang untuk meluncurkan roket ke ruang angkasa, di mana pesawat tersebut terbang di antara ketinggian 99-1.200 mil di atas permukaan bumi. Pendiri perusahaan Stratolaunch, almarhum Paul Allen pernah berharap untuk meluncurkan roket seukuran Pesawat NASA secara bolak-balik suatu hari nanti.

Baca Juga: Siap-Siap, Tarif Penyeberangan Akan Naik

Pada 11 Oktober lalu, Stratolaunch telah mengungkapkan bahwa mereka memiliki pemilik baru, meskipun mereka tidak mau membuka identitasnya. Perusahaan ini sebelumnya dimiliki oleh Vulcan Inc, sebuah perusahaan induk yang dimulai oleh Allen.

Pesawat Terbesar Statolaunch

Dilansir dari Businessinsider, Senin (4/11/2019), berikut beberapa hal seputar Stratolaunch yang sekiranya bakal membuat para pebisnis kepincut.

1. Stratolaunch didirikan oleh almarhum Paul Allen. Ternyata, Allen merupakan salah satu pendiri Microsoft juga.

2. Tujuan Allen saat mendirikan perusahaan ini dan memberi nama pesawat tersebut sebagai Stratolaunch adalah untuk menyediakan akses yang nyaman, andal, dan dapat rutin untuk pergi ke kawasan sekitar orbit Bumi rendah.

Baca Juga: Kemacetan hingga Buruknya Kualitas Udara Jadi Alasan Sistem Transportasi Dirombak

3. Ini akan dilakukan dengan meluncurkan roket ke angkasa dari udara, yang diharapkan perusahaan akan lebih murah daripada opsi peluncuran ruang komersial saat ini.

4. Itu akan sangat berguna bagi perusahaan yang ingin mengirim satelit ke luar angkasa. Allen akhirnya ingin meluncurkan roket seukuran pesawat bolak-balik NASA dari pesawat.

5. Rentang sayapnya yang mencapai 385 kaki membuat Stratolaunch lebih besar dari sebuah lapangan sepakbola. Ia juga sekaligus menjadi pesawat terbesar karena sayapnya.

6. Pesawat ini memiliki panjang 238 kaki, tinggi 50 kaki, dan 6 mesin turbofan bypass.

Pesawat Terbesar Statolaunch

7. Stratolaunch memiliki berat 500.000 pon dan membutuhkan 28 roda di antara kedua badan pesawatnya.

8. Pesawat ini pertama kali mengudara pada 13 April.

9. Saat itu, Stratolaunch terbang selama 2 jam.

10. Kecepatannya mampu mencapai 189 mph.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini