nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kawasan Pariwisata di Sulawesi yang Mulai Ditata

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 04 November 2019 16:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 04 320 2125557 ini-kawasan-pariwisata-di-sulawesi-yang-mulai-ditata-hZHnU5c0P7.jpg Bunaken (Foto: Okezone.com/Indonesia Kaya)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera melakukan penataan kawasan Pulau Bunaken, Kota Manado dan Pantai Paal, Kabupaten Minahasa Utara di Sulawesi Utara. Pasalnya, kedua kawasan ini termasuk ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas Manado-Likupang.

Bahkan, Kementerian PUPR telah memprogramkannya. Hal ini diungkapkan Kementerian PUPR melalui akun resminya di Instagram.

 Baca juga: Percepat Bali Baru dengan Kucuran Kredit Pembangunan Bandara

"#KabarPUPR Kementerian PUPR pada tahun 2020 telah memprogramkan penataan kawasan Pulau Bunaken, Kota Manado dan Pantai Paal, Kabupaten Minahasa Utara di Sulawesi Utara yang termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas Manado-Likupang," tulis @kemenpupr di Instagram, Senin (4/11/2019).

 Bunaken

Nantinya, penataan kawasan Pulau Bunaken akan dilakukan dengan merenovasi tourism trail yang meliputi mangrove trail, beach walk, dan boulder. Selain itu, ada pula fasilitas permukiman yang akan ditata. Fasilitas ini meliputi gerbang permukiman, jalur pedestrian dan kendaraan, jalur kendaraan depan lapangan olah raga, penerangan jalan, dan street furniture.

 Baca juga: Jokowi Bentuk Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ini Tugasnya

Sementara itu, untuk penataan Pantai Paal yang berada di Desa Likupang, pekerjaan yang dilakukan antara lain pembangunan entrance dan landmark, serta area parkir.

Adapun akan dilakukan juga penataan PKL dan pembangunan souvenir shop, sport area dan children playground, water theme park dan dermaga, beach walk dan jogging track, serta sejumlah fasilitas umum.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini