nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seleksi CPNS, 2 Instansi Ini Paling Banjir Keluhan

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 17:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 06 320 2126542 seleksi-cpns-2-instansi-ini-paling-banjir-keluhan-72JYYewUqK.jpg CPNS (Okezone)

JAKARTA - Terkait dengan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, Ombudsman bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Kemendikbud membenahi beberapa kesalahan yang terjadi pada perekrutan CPNS tahun 2018.

Anggota Ombudsman Laode Ida mengatakan bahwa tahun lalu terdapat instansi yang paling banyak pengaduan, salah satunya adalah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dan instansi daerah yaitu DKI Jakarta.

 Baca juga: Sederet Temuan Kesalahan Penerimaan CPNS 2018

"Kementerian yang teradu paling banyak Kemenkumham tahun lalu, ada datanya di kami, dan saya kira kalau daerah yang paling banyak DKI Jakarta," ujar Laode, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

 CPNS

Selain itu, Laode juga memaparkan beberapa masalah umum yang menjadi hasil pantauan tim Ombudsman pada pelaksanaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Salah satunya adalah masalah persyaratan yang banyak dikeluhkan pada tahun lalu.

 Baca juga: Ombudsman soal Seleksi CPNS 2019, Jika Tak Siap Batalkan Saja

"Banyak dikeluhkan tahun lalu adalah persyaratan-persyaratan itu, sering kali persyaratan itu menjebak, bahkan menghilangkan hak mereka," Tambahnya.

Dirinya juga memaparkan masalah rumpun keilmuan yang menjadi salah satu masalah umum pada perekrutan tahun lalu dan harus dibenahi pada penerimaan CPNS 2019 dan hal ini juga menjadi alasan mengapa peran Kemendikbud sangat berpengaruh.

 Baca juga: Catat, Ini Syarat Khusus Seleksi CPNS Formasi Guru dan Tenaga Kesehatan

"Kalau rumpun keilmuan, itu cukup banyak juga yang mengadukan, administrasi negara, itu sebenarnya administrasi publik tapi beda nama saja beda nomenklatur dalam artian nama jurusan itu yang digunakan sudah tidak dianggap memiliki syarat dan itu yang merugikan," Imbuhnya.

Laode sangat berharap tahun ini Ombudsman dapat menekankan perbaikan terhadap hal-hal yang menjadi permasalahan umum itu agar tidak ada lagi di tahun ini dan tahun selanjutnya.

"Tahun ini kita betul-betul tekankan untuk melakukan perbaikan terhadap hal itu, sehingga peran Kemendikbud sangat penting," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini