Harga Gas Industri Bakal Naik, DPR Panggil PGN dan Pengusaha

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 06 320 2126655 harga-gas-industri-bakal-naik-dpr-panggil-pgn-dan-pengusaha-qHgdfWV5NQ.jpg Pipa Gas PGN. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan memanggil PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan pelaku industri tekait untuk melakukan rapat dengar pendapat (RDP). Hal tersebut dilakukan untuk membahas harga gas PGN.

"Jadi, kami (Komisi VII), akan mengagendakan untuk memanggil semua counterpart (rekanan) yang terkait baik itu di sektor hulunya, pengolahan dan niaganya. Kita minta pandangannya terkait kondisi harga gas ini, dan juga (memanggil) pemerintah," ujar Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Maman Abdurahman di Satrio Tower, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Baca Juga: PGN Ingin Naikkan Harga Gas, Plt Dirjen Migas: Kita Lagi Cek

Namun demikian, katanya, pemanggilan semua pihak tekait harga gas industri akan dilakukan setelah menyelesaikan masalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang kembali ke Komisi VII. Saat ini KLHK pindah menjadi mitra Komisi IV.

Jaringan Gas PGN

"Kami Komisi VII sedang mengambil sikap untuk tidak melakukan pekerjaan apapun sampai Kementerian kembali ke Komisi VII. Di mana sekarang ada di Komisi IV,” ujarnya.

Baca Juga: Target Bauran Energi Bisa Tercapai, Segini Keuntungan Negara dari Penghematan Impor

Dia menambahkan bahwa permasalahan harga gas masing-masing pihak punya kepentingan, baik pelaku industri maupun PGN.

"Kita memahami bahwa PGN juga pasti punya kepentingan tersendiri. Dan pelaku industri juga punya kepentingan tersendiri," pungkas dia

 Presiden Jokowi telah memerintahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrief untuk mengecek komponen harga gas

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrief untuk mengecek komponen harga gas sehingga memungkinkan kenaikan harga gas. Sebelumnya Presiden Jokowi juga memastikan harga gas industri tidak akan mengalami kenaikan.

Terkait hal itu, Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas), Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pengecekan terkait harga gas tersebut.

Dia menjelaskan bahwa Kementerian ESDM ingin PGN melakukan keterbukaan tentang kondisi keuangannya. Dirinya juga ingin ada yang mengaudit keuangan PGN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini