nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Program Prioritas KLHK, dari Cegah Kebakaran Hutan hingga Energi Terbarukan

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 09:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 08 320 2127253 program-prioritas-klhk-dari-cegah-kebakaran-hutan-hingga-energi-terbarukan-OdSlhPFbCn.jpg Kebakaran Hutan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan program prioritas untuk lima tahun ke depan kepada Komisi VI DPR.

 Baca Juga: Ini Fokus Mentan di 100 Hari Kerjanya

Program mencakup Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020.

Siti Nurbaya menjelaskan, RPJPN 2005-2025, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh SDM berkualitas dan berdaya saing.

 Baca Juga: Menteri Basuki Beberkan Cara Cepat Atasi Karhutla di Riau

"Semuanya pada konteks lingkup kerja KLHK," kata Siti dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

 Hutan

Untuk mewujudkan misi mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan, Siti Nurbaya mengungkapkan berbagai kebijakan yang mendukung tata ruang terintegrasi dengan kebijakan satu peta, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim melalui pencegahan kebakaran hutan, penanaman kembali lahan-lahan kritis, pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) berbasis potensi setempat serta ramah terhadap lingkungan.

Siti Nurbaya juga menjelaskan soal konservasi lahan gambut, mengurangi emisi karbon dan meningkatkan transportasi massal ramah lingkungan, pendidikan konservasi lingkungan yang berkelanjutan dengan melibatkan komunitas masyarakat adat, serta memperbanyak hutan kota dan ruang terbuka hijau.

"KLHK juga akan melanjutkan langkah-langkah penegakan hukum dan rehabilitasi lingkungan dengan rehabilitasi hutan dan lahan, konservasi, serta Pengelolaa Daerah Aliran Sungai (DAS) dan tindakan terhadap perusakan lingkungan serta rehabilitasi lingkungan dan pemulihan lingkungan yang penuh tantangan," katanya.

Siti Nurbaya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini