nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PPA Bakal Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun Tahun Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 21:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 14 320 2130021 ppa-bakal-terbitkan-obligasi-rp1-triliun-tahun-depan-gKNdStmxHy.jpeg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

 BANDUNG - PT Perusahaan Pengelola Aset atau PPA (Persero) akan menerbitkan surat utang atau obligasi pada tahun 2020. Rencananya, obligasi yang akan diterbitkan sebesar Rp1 triliun.

Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset/PPA (Persero) Iman Rachman mengatakan, rencana penerbitan obligasi ini untuk memenuhi kebutuhan pendanaan jangka panjang. Nantinya ada beberapa opsi tenor yang akan diberikan nantinya dari mulai 3 tahun, 5 tahun, 7 tahun hingga 10 tahun.

Baca Juga: PPA Perkuat Pengelolaan Kredit Macet Bank BUMN

"Karena sebagian besar pendanaan kami saat ini bersumber dari perbankan dengan jangka waktu pendek dan tingkat suku bunga relatif tinggi sehingga perlu funding mix dengan cost of fund yang lebih rendah,” ujarnya dalam sebuah diskusi di Hotel Grand Mercure Setiabudi, Bandung, Kamis (13/11/2019).

Sebenarnya, perseroan sudah menerbitkan tambahan pendanaan eksternal melalui pasar uang dan pasar modal. Tercatat, PPA telah menerbitkan MTN pada awal November 2019 senilai Rp750 mikir masing-masing Rp300 miliar dengan 2 tahun dan Rp450 miliar dengan tenor 3 tahun.

"Penerbitan SBK saat ini masih dalam proses di Bank Indonesia," ucapnya.

grafik

Nantinya lanjut Iman, dana tersebut seiring dengan fokus perseroan untuk memanfaatkan kredit macet (non performing loan/NPL) pada perbankan BUMN. Nantinya perseroan akan membayarkan kreditur macet kepada perbankan sebagai gantinya akan mengambil alih asetnya.

"Hal terpenting bagi kami yaitu perusahaan yang kami tangani dapat meningkatkan pendapatan dan laba melalui business restructuring. Perlu langkah-langkah visioner menangani R/R, tidak bisa lagi hanya mengandalkan bisnis seperti biasa," jelasnya.

Baca Juga: PPA Siapkan Rp10 Triliun untuk Kembangkan Bisnis

Sementara itu, Direktur Konsultasi Bisnis dan Aset Manajemen PT PPA Dikdik Permadi Yoffana, mengatakan perseroan sampai dengan triwulan III tahun 2019 telah membukukan pendapatan usaha sebesar Rp3,838 triliun, meningkat sebesar 4% secara year on year. Diharapkan dengan rencana perusahaan ini kinerja perseroan bisa meningkat

"Total aset meningkat sebesar 31% secara year on year menjadi Rp13,648 triliun. Sementara capaian EBITDA meningkat secara year on year sebesar 14% menjadi senilai Rp589 miliar," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini