nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulau Komodo Dieksklusifkan, Pemerintah Siapkan Pulau Rinca untuk Umum

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 16:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 15 320 2130344 pulau-komodo-dieksklusifkan-pemerintah-siapkan-pulau-rinca-untuk-umum-I6QvjdzgDi.jpg Pulau Komodo. (Foto: Okezone.com/Dani Jumadil)

JAKARTA - Eksklusifitas Pulau Komodo mulai terlihat setelah adanya rencana membership bagi turis tertentu dengan harga tiket mencapai USD1.000 atau Rp14 juta (kurs Rp14.000).

Tentunya bagi turis missqueen menjadi tantangan untuk bisa berkunjung ke Pulau Komodo.

Baca Juga: Deretan Infrastruktur Labuan Bajo yang Dibangun Jokowi, Nilainya Fantastis

Lalu apakah akan memengaruhi jumlah wisatawan?

"Mungkin iya, mungkin tidak. Tapi kita akan antispasi dengan siapkan industri lebih dini," kata Kepala Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Kementerian Pariwisata Shana Fatina di Labuan Bajo, Jumat (15/11/2019).

Pulau Komodo

Saat ini konsep membership untuk masuk ke Pulau Komodo masih dimatangkan. Pembahasan akan dimulai pada 2020 dan hasilnya akan diumumkan pada akhir 2020.

"Jadi enggak tiba-tiba karena kita tahu market butuh kepastian iya atau tidak. Jadi kita akan selesaikan jelas rekomendasinya," katanya.

Baca Juga: Masuk Pulau Komodo Bayar Rp14 Juta Diterapkan pada 2021?

Untungnya hanya Pulau Komodo saja yang ekslusif, turis masih bisa melihat komodo di Pulau Rinca. 

"Pulau Komodo saja. Tapi ekslusifnya bagaimana itu belum didetailkan lagi. Sejauh ini arahan presiden sih di Pulau Rinca untuk semua masyarakat," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini