nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maraknya Pendaftar CPNS Abal-Abal, BKN: Ada yang Pakai Foto Sate

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Minggu 17 November 2019 16:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 17 320 2130973 maraknya-pendaftar-cpns-abal-abal-bkn-ada-yang-pakai-foto-sate-q08m71Unbh.jpg CPNS (Setkab)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, hingga saat ini banyak akun-akun yang tidak niat mendaftar. Hal itu dibuktikan dari maraknya pemakaian Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu keluarga (KK) yang bersifat abal-abal.

Hal ini menyusul Data Center SSCN yang merilis informasi pemakaian NIK dan KK untuk pendaftar abal-abal alias tidak niat mendaftar. Menurutnya, banyak unggahan foto dan dokumen yang tidak dipersyaratkan instansi.

 Baca juga: Seleksi CPNS Diserbu Pendaftar Abal-Abal, Ini Modusnya!

Informasi tersebut disampaikan oleh BKN melalui akun resmi Twitterny, kemarin. Bersamaan dengan itu, BKN mengimbau untuk hanya menginput data dan berkas yang sebenarnya dan disyaratkan instansi dalam field lamaran.

Komentar netizen pun banyak berdatangan setelah pernyataan tersebut diturunkan. Diantaranya menyatakan bahwa pernyataan BKN dinilai cukup menyingung. Pasalnya, banyak pelamar yang masih mengalami kendala, dan melengkapi data-data yang dibutuhkan.

 Baca juga: Baru 10,6% dari 2,3 Juta Pelamar yang Menuntaskan Pendaftaran CPNS

Menanggapi hal tersebut, BKN pun kembali memberi penjelasan lebih lanjut mengenai pernyataan sebelumnya. Menurut BKN, pelamar 'abal-abal' ditujukan kepada pada pelamar yang mengunggah dokumen dan foto yang tidak sesuai dengan persyaratan.

"Baca dulu ya #SobatBKN isi Siaran Persnya, jangan ngegasss. Mimin ini sedih sejumlah pelamar abal-abal tsb mengunggah foto diri dengan foto yang aneh, contohnya sate," tulis BKN seperti dikutip dari akun resmi Twitter-nya, Minggu (17/11/2019).

 Baca juga: Jadi Korban Maladministrasi Seleksi CPNS, Lapor Saja ke Ombudsman

Tak hanya itu, salah satu netizen pun memperlihatkan contoh Kartu Informasi Akun yang menandakan berhasilnya proses registrasi pada tahap awal seleksi CPNS 2019. Sayangnya, pada kartu tersebut, terlihat foto yang digunakan merupakan foto seekor monyet.

 Contoh ID editan

Hal ini pun mendapatkan respon dari netizen lainnya. Diantaranya mengatakan bahwa meskipun foto masih dapat diganti selama proses submit belum dilakukan, tetap saja perbuatan ini merupakan keisengan yang berlebihan.

Adapun komentar-komentar menggelitik dari para netizen:

"Itu jenis kelamin aja tidak terdeteksi," ujar @aldira***5***7

"Ya ampuun keterlaluan sih org2 itu ish, makanya jangan cepat gas gas teruus wan-kawan seperjuangaaan, kasian miminnya, blm pada liat aslinya sih min makanya mereka pada emosi mulu. Tetap semangat min," ujar @sayaasuci.

"Yang upload juga laper kak makanya upload sate Semangat ya kak min :)," ujar @a**x**i

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini