nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Fungsi dan Manfaat Steker Listrik, Cabut Kalau Sudah Tidak Terpakai

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 10:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 19 320 2131622 mengenal-fungsi-dan-manfaat-steker-listrik-cabut-kalau-sudah-tidak-terpakai-MYxjW17LC1.png Steker. (Foto: Okezone.com/Instagram/PLN)

JAKARTA - Peran listrik pada kehidupan yang sudah era digitalisasi tidak bisa dilepaskan. Mulai dari menyalakan air ledeng, memasak nasi, bahkan perjalanan kereta dengan MRT tetap menggunakan aliran listrik.

Berbicara mengenai listrik, pasti tidak jauh-jauh dari colokan. Colokan listrik atau steker adalah alat yang dipasang diujung kabel listrik yang dicolokkan pada lubang aliran listrik untuk menyalakan lampu, televisi, atau bahkan radio.

Baca Juga: Masih Ingat Mati Listrik Serentak di Agustus? Ini Fakta Investigasinya!

Steker memang lebih dikenal dengan sebutan colokan. Karena fungsinya adalah mengalirkan listrik dari sumber listrik ke tempat yang diinginkan.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menghimbau melalui akun instagramnya (@pln_id) untuk melepaskan steker bila tidak dipakai lagi.

Listrik PLN

"Pesan mimin kalau sudah tidak dipakai si steker, lepasin ya gaes dari stop kontak," tulis admin @pln_id, Selasa (19/11/2019).

Pada unggahan PLN di akun instagramnya juga dibumbui lelucon loh!

Baca Juga: Realisasi Investasi Sektor Ketenagalistrikan Capai Rp116,3 Triliun

PLN bergurau tentang pengertian steker dengan menyambungkannya dengan istilah striker di sepak bola.

"Siapa yang lebih kenal colokan daripada steker? Nah biar steker gak terlalu asing, kalau sering nonton sepak bola bisa deh kamu ingat si steker," tulisnya.

Menanggapi hal itu, para netizen beramai-ramai merespons unggahan PLN. Berikut komentar-komentar menggelitik warganet:

"Sa ae lo bambank," tulis akun *bkrfz*_21.

Tidak kalah akun milik j*mb*_t*w* yang ikut membalas gurauan PLN, "isolator alat listrik yang sering di naikin org di mall supaya bisa naik dan turun."

Akun Instagram r*ch*lj*fry merasa terhibur dengan lelucon yang dibagikan PLN, ia menuliskan, "Hiyaaaaa......Gokil ni adminnya wkwk."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini