nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

'Belum Gajian' Lagi Nge-Tren di Medsos, Ini 5 Tips Kelola Uang Bulanan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 20 November 2019 14:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 20 320 2132211 belum-gajian-lagi-nge-tren-di-medsos-ini-5-tips-kelola-uang-bulanan-yCVV89Llqn.jpg Isi dompet (Foto; Zawya)

JAKARTA - Jagad media sosial tengah ramai memperbincangkan Belum Gajian. Keyword tersebut pun menjadi trending topic.

Hastag "belumgajian'' ini di posisi nomor tiga pagi tadi, dan siang ini di posisi nomor 5 di Trending Topic Twitter. Hastag tersebut digaungkan salah satu pemilik akun j*k.

Akun yang memiliki 369.900 follower ini memposting sejumlah guyonan mengenai belum gajian. Sejumlah postingan itu pun diretweet oleh para followernya.

 Baca juga: Kesenjangan Gaji di Indonesia Paling Tinggi Ke-3 di Asia

Aneka candaan lucu pun menghiasi Twitterland. Berikut ini beberapa candaan yang menggelitik.

 dompet

1. Beli Motor Bebek

"Bang beli motor bebek yang seratus ribuan ada enggak?"

"Ada nih"

"Lho kok telor?"

"Ya dieramin saja sampe netes jadi motor"

 Baca juga: Upah Buruh Tani Naik tapi Daya Beli Turun di Mei 2019

2. Keamanan ATM

“Bang. Masukin pin ATM nyantai banget kagak ditutup gitu"

"Lebih malu kelihatan saldonya dibanding pinnya mba"

"..."

3. Beli Ketoprak

"Bang, ketoprak berapaan bang?"

"Rp10.000"

"Saya cuma ada Rp5.000 nih bang, beli setengah aja"

"Setengah gimana maksdnya?"

"Saya beli 'keto'-nya aja 'prak'-nya enggak usah"

 Baca juga: Gaji Karyawan Indonesia Naik 3,7%, Begini Hitung-hitungannya!

4. Ke Minimart

"Dek ayo ikut abang"

"Ke mana bang?"

"Ke Indomaret, tapi kamu jangan turun dari motor biar parkir gratis"

"Bisa ae"

5. Di Kasir

"Totalnya jadi Rp9.800”

“(Memberikan Rp10.000)”

“Uangnya Rp10.000 ya mas, kembali Rp200 boleh didonasikan?”

“Jangan mbak, buat saya saja kalau ada sekalian saya mau pinjem duit Rp50.000 saja nanti setelah gajian saya ganti”

"Oalahh"

6. Air Mahal

"Bang, beli es batu yg 1000'an"

"Wah pasti buat bikin es campur nih"

"Bukan Bang, buat saya jilatin saya haus, beli air galonan mahal cepet abis"

7. Beli Sate

"Cak beli sate Rp5.000, 20 tusuk pake lontong"

"Wah, sampean bercanda"

"Itu buat beli tusuknya aja enggak dapet"

"Ya sudah Cak. Satenya enggak usah pake tusuk

 Dompet

Bagi pegawai yang biasa gajian secara rutin di tanggal tertentu, pekan ini merupakan tanggal tua alias akhir bulan. Namun, sebenarnya, 'sindrom belum gajian' bisa diatasi dengan mengelola keuangan secara tepat pada saat baru gajian. Sehingga keuangan bisa diatur, antara kewajiban yang perlu ditunaikan seperti cicilan utang maupun keinginan berlibur dan berinvestasi.

Dalam artikel berjudul 5 Budget Hacks to Make Life Easier oleh Pakar Keuangan Miriam Caldwell, setidaknya ada lima tips yang bisa dilakukan agar keuangan bisa terjaga hingga akhir bulan.

1. Buat Anggaran

 

Membuat anggaran bulanan dengan menggunakan software jauh lebih mudah untuk dilakukan. Yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan besaran anggaran pada setiap pos-pos pengeluaran.

Hal ini dapat menghindari Anda dari membuat kesalahan penghitungan. Sebab, dalam aplikasi software biasanya sudah dihitung secara otomatis. Dengan bantuan aplikasi software maka menyusun anggaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

 Akun

2. Cek Anggaran

Jika sudah menikah, maka Anda harus melakukan cek anggaran. Hidup berumah tangga banyak sekali pengeluaran yang tidak terduga. Situasi inilah yang perlu diperhatikan dan lihatlah realisasi anggaran secara teratur.

Jika ada kebutuhan mendesak, lakukanlah penyesuaian anggaran pada pos yang bisa diutak-atik seperti kebutuhan hiburan.

Perhatikanlah anggaran setiap hari, kemudian Anda dapat melakukannya secara mingguan. Beberapa bulan pertama, Anda mungkin merasa seperti lebih banyak pekerjaan. Namun, ketika Anda mampu membuat anggaran yang lebih baik, maka hal tersebut tidak akan terasa seberat itu.

Jika Anda masih lajang, Anda dapat melakukan evaluasi keuangan lebih mudah. Karena kebutuhannya relatif lebih terkendali. Ceklah secara rutin setiap hari. Aktifitas ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

3. Pangkas Tagihan

Jika Anda sedang memiliki kebutuhan keuangan dalam jumlah besar, penting untuk melakukan penghematan. Maka carilah pos keuangan yang bisa dihemat. Dengan menemukan ruang penghematan maka Anda memiliki ruang gerak yang mampu membuat perbedaan besar. Anda dapat memotong tagihan bulanan seperti pulsa atau internet, atau mengurangi hangout bersama teman.

 

4. Kurangi Jajan

Melakukan wisata kuliner tradisional maupun makanan cepat saji memang mengasyikan. Namun, membeli makanan cepat saji adalah kenyamanan yang juga menjadi pisau bagi anggaran Anda. Karena harga makanan cepat saji biasanya kurang ramah pada kantong.

Cobalah memasak makanan sendiri dan membeli bahan-bahan makanan yang sesuai. Jika makanan tersebut berlebih, maka jangan pernah berpikir untuk membuangnya. Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas untuk jenis makanan yang cukup bertahan lama.

 hitung-hitungan gaji

5. Uang tunai

Jika Anda kesulitan melacak pengeluaran, maka uang tunai dapat menjadi solusinya untuk beberapa pengeluaran umum, seperti bahan makanan, biaya hiburan dan pakaian.

Ambillah uang dari rekening tabungan Anda dan masukkan ke dalam beberapa amplop sesuai kategori pengeluaran. Anda akan mengetahui ke mana arah pengeluaran terbesar Anda dengan melihat amplop mana yang lebih dulu kosong.

1
4
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini