nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Kembangkan Kendaraan Listrik, Jerman Kasih Saran

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 06:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 20 320 2132313 ri-kembangkan-kendaraan-listrik-jerman-kasih-saran-y8y8nYq1UY.jpg Mobil Listrik (Okezone)

JAKARTA - Indonesia tengah serius mengembangkan kendaraan listrik. Hal ini dibuktikan dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

Direktur Program Energi untuk lndonesia/ASEAN (GIZ) Rudolf Rauch mengatakan pengembangan kendaraan listrik dinilainya sebagai kebijakan yang sangat bagus untuk mengurangi penggunaan gas emisi. Akan tetapi pengembangan tersebut harus direncanakan secara matang.

“Berkaitan dengan mobil listrik, Presiden Joko Widodo belum lama ini mengeluarkan Perpres yang mendorong pengembangan mobil listrik di Indonesia. Namun perlu dipertimbangkan sumber listrik seperti apa yang akan digunakan untuk mengisi ulang daya listriknya?" ujarnya.

 Mobil Listrik

Menurut Rudolf, pemerintah bisa memanfaatkan energi yang terbarukan untuk mendorong kebijakan mobil listrik. Misalnya adalah penggunaan panel surya di atap (solar PV Rooftop) untuk pasokan listrik di SPKLU.

"Salah satu sumber listrik yang ramah lingkungan adalah yang berasal dari sistem PLTS Atap pada gedung-gedung industri, komersial atau pemukiman," jelasnya.

Baca selengkapnya: Saran Jerman untuk Presiden Jokowi dalam Pengembangan Kendaraan Listrik

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini