Diminati Dunia, Umbi Porang Diekspor dengan Nilai Rp1,2 Miliar!

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 22 320 2133151 diminati-dunia-umbi-porang-diekspor-dengan-nilai-rp1-2-miliar-IPXZe1GzIp.jpg Umbi Porang (IG: Petani Porang)

JAKARTA - Saat ini, tanaman umbi semakin diminati, khususnya umbi berjenis porang. Dengan demikian, ini merupakan peluang bagi petani untuk turut meningkatkan produktivitasnya di sektor ini.

Bagaimana tidak, baru-baru ini sebanyak 60 ton umbi porang diekspor ke China. Hal ini pun disampaikan oleh akun resmi Kementerian Pertanian di Instagram.

 Baca juga: Ada 88 Daerah Rentan Rawan Pangan, Ini Ciri-cirinya!

"SobaTani, umbi porang makin diminati dunia, lho. Tentu ini jadi peluang buat #PetaniMilenial untuk bergabung menjadi 'the next exportir' sekaligus menjadi bagian dari #PertanianIndonesiaMaju," tulis @kementerianpertanian di Instagram, Jumat (22/11/2019).

 Kementan

Pasalnya, sebanyak 60 ton umbi porang ini berasal dari Jawa Tengah. Adapun seluruh dari umbi porang tersebut dikirim ke negara yang memiliki julukan Negeri Panda itu.

 Baca juga: Mentan Syahrul Siap Tempur Lawan Mafia Pangan!

Selain itu, total komoditas yang diekspor dari umbi porang ini mencapai nilai Rp1,2 miliar. Ini adalah angka yang cukup fantastis mengingat bahwa Indonesia memang sedang menggencarkan ekspor.

Perlu diketahui, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sendiri lah yang melepas ekspor 60 ton umbi porang tersebut. Secara bersama-sama, mereka mendatangi Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang untuk memantau proses ekspor itu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini