nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada 88 Daerah Rentan Rawan Pangan, Ini Ciri-cirinya!

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 13:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 30 320 2123584 ada-88-daerah-rentan-rawan-pangan-ini-ciri-cirinya-BawU5mQVo8.jpg Pertanian. (Foto: Okezone.com/Kementan)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat ada 88 daerah Kabupaten/Kota di Indonesia yang rawan pangan. Hal itu seiring adanya indikator yang menunjukkan satu kecenderungan situasi.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan bahwa indikator rentan rawan pangan di daerah didasari beberapa hal. Seperti rasio konsumsi normatif per kapita terhadap ketersediaan pangan.

Baca Juga: Mentan Syahrul Siap Tempur Lawan Mafia Pangan!

"Lalu, persentase penduduk hidup di bawah garis kemiskinan, persentase rumah tangga dengan proporsi pengeluaran untuk pangan lebih dari 65% terhadap total pengeluaran," ujar dia di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Pertanian

Kemudian, lanjut dia persentase rumah tangga tanpa akses listrik, Rata-rata lama sekolah perempuan umur >15 tahun. Ada juga persentase rumah tangga tanpa akses air bersih.

Baca Juga: Amran ke Syahrul Yasin Limpo, Jadi Mentan Harus Minum Pil Sabar

"Rasio jumlah penduduk per tenaga kesehatan terhadap kepadatan penduduk. Prevalensi balita stunting. Dan terakhir angka harapan hidup pada saat lahir," ungkap dia.

Menurut dia, 88 daerah yang rentan rawan pangan itu, saat ini masih banyak di Indonesia bagian timur. "Jadi, di Indonesia bagian timur yang masih rentan rawan pangan," pungkas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini