nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menghadapi Kritikan oleh Atasan

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 18:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 23 320 2133617 tips-menghadapi-kritikan-oleh-atasan-XywzKdBBua.jpg Pekerja (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Kita pasti pernah dikritik oleh atasan atau pimpinan. Muncul reaksi berbeda dari tiap individu saat dikritik, ada yang sedih, biasa saja, bahkan ada yang menolak kritikan tersebut.

Melalui akun Instagramnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengatakan bahwa kita harus menghindari sikap penolakan atas kritikan yang diberikan oleh atasan. Bersikaplah profesional dalam menerima kritikan.

"Hindarilah sikap penolakan atas kritikan itu apalagi sama atasan/pimpinan. Rekanaker harus tetap bersikap profesional ketika sedang diberi kritikan dengan berbagai bentuknya," ujar Kemnaker yang dilansir dari akun Instagramnya pada Sabtu (23/11/2019).

Baca Juga: Mau Sukses Freelance? Ikuti 5 Cara Ini!

Berikut ini langkah bijak saat dikritik atasan berdasarkan foto yang diunggah Kemnaker:

Pertama, menahan diri saat dikritik atasan. Dengarlah kritik dengan kepala dingin. Kontrol reaksimu jika mendengar kritik yang tidak sesuai dengan harapan.

Lalu, cobalah untuk menerima kritik dari atasanmu. Pahamilah apa yang dibicarakannya kepadamu. Tanyalah kepadanya apabila ada hal yang tidak kamu mengerti, tetapi tanyalah dengan menggunakan bahasa yang sopan.

stres

Jika dikritik atasan, ambillah sisi positif dari kritikan tersebut. Bisa saja atasanmu ingin membuatmu menjadi lebih baik dengan kamu mengintrospeksi diri. Minta maaflah dengan sopan kepada atasanmu jika kinerja atau sikapmu kurang baik. Buatlah dia percaya jika kamu akan melakukannya lebih baik lagi.

Setelah itu, cobalah untuk mengevaluasi diri. Dengan melakukan hal itu, kamu dapat mengetahui kesalahan atau kelemahanmu. Dari situlah kamu dapat meningkatkan diri menjadi lebih baik.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini