Jadi Dirut Inalum, Intip Profil Orias Petrus Moedak

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 25 November 2019 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 25 320 2134146 jadi-dirut-inalum-intip-profil-orias-petrus-moedak-iArSsyf2uG.jpg Dirut Inalum Orias Petrus Moedak (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Mantan Direktur Keuangan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) alias MIND ID Orias Petrus Moedak resmi ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Inalum. Adapun penunjukan Orias sebagai Bos Holding Tambang ini ditunjuk lewat proses Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini.

Setelah ditunjuk sebagai Dirut teranyar Inalum, penyerahan Surat Keputusan (SK) oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo pun dilaksanakan.

Baca juga: Tugas Orias Petrus Jadi Dirut Holding Tambang, Selesaikan Divestasi Vale

“SK diserahkan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirjoatmodjo,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (25/11/2019).

Dengan demikian, maka Orias telah menggeser Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN oleh Presiden Joko Widodo.

orias

Sekilas tentang Orias Petrus Moedak

52 tahun yang lalu, atau lebih tepatnya pada 26 Agustus 1967, Orias Petrus Moedak lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kemudian, pada tahun 1986, Orias memulai dunia perkuliahannya di Universitas Padjajaran Bandung.

4 tahun berselang, Dia berhasil lulus dari Unpad dengan status Sarjana Akuntansi. Setelah lulus kuliah, Orias langsung bekerja sebagai Senior Auditor di Ernst & Young pada 1991-1994.

Lalu, Orias pindah ke Bahana Securities pada 1994. Di sana, Dia bertahan selama 7 tahun dan menjabat sebagai Director Corporate Finance.

Baca Juga: Sah! Orias Petrus Moedak Resmi Jadi Dirut Holding Tambang

Pada 2001, di tahun inilah karir Orias mulai melonjak. Bagaimana tidak, Dia menjabat sebagai Komisioner di Sarana Jabar Ventura, Sarana Sumut Ventura, Sarana Sulsel Ventura, dan sekaligus menjabat sebagai Direktur di Bahana Artha Ventura. Tidak hanya itu, di tahun yang sama Orias juga menduduki posisi Presiden Komisioner di Mitra Ventura Indonesia.

Setelah itu, Orias mencoba peruntungannya sebagai Managing Director di PT Danareksa Sekuritas selama 5 tahun hingga 2008. Akhirnya, Dia dipercaya menjadi Direktur Keuangan di PT Pelabuhan Indonesia II pada 2014.

Selanjutnya, Dia diangkat menjadi CEO di PT Pelabuhan Indonesia III periode 2016/2017. Puncaknya, Orias menjadi Wakil Presiden Direktur di Freeport Indonesia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini