nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Dibuang, Ke Mana Perginya Sampah di Indonesia?

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 25 November 2019 17:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 25 320 2134254 setelah-dibuang-ke-mana-perginya-sampah-di-indonesia-u4lHPoxCD8.jpg Foto: Sampah plastik (Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan, sebagian besar dari masyarakat Indonesia masih mengandalkan TPA sebagai tempat pembuangan akhir sampah. Hal tersebut membuat sejumlah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jakarta diprediksi akan penuh.

"Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan sebagian besar dari masyarakat Indonesia masih mengandalkan TPA sebagai tempat pembuangan akhir sampah. Hubungannya terhadap Jakarta, TPA milik Jakarta diprediksi akan penuh di tahun 2021," tulis @kertabumikliniksampah seperti dikutip dari akun Instagramnya, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Baca Juga: Kementerian PUPR Sulap TPA Supit Urang Gunakan Sistem Sanitary Landfill

Hal tersebut kini tengah menjadi perhatian di beberapa kalangan masyarakat. Pasalnya, sampah-sampah yang tak dipilah dan diolah hanya akan terus menerus menumpuk dan tidak dapat menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

"Lalu setelah itu bagaimana? Kalau perilaku kalian terhadap sampah bagaimana?" ujarnya.

Menurutnya, proses pengolahan sampah jika dilihat dari perilaku rumah tangga terhadap sampah di Indonesia masih sangat didominasi dengan hanya dibuangnya sampah ke TPA, yaitu sebesar 69%. Sementara itu, pengolahan dengan cara dikubur menyusul dengan persentase 10%.

Sampah Plastik

Tak hanya itu, beberapa cara pengolahan sampah lainnya yang masih digunakan di Indonesia, yaitu seperti di kompos & daur ulang dengan persentase 7%. Sementara dengan cara dibakar sebesar 5% disusul dengan pengolahan dengan cara dibuang ke sungai sebanyak 3%.

Sementara sebagian masyarakat memilih cara pengolahan sampah seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Nyatanya masih ada sekitar 7% dari total persentase sampah, yang tidak dikelola.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini