nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pipa BBM Meledak di Proyek Kereta Cepat, Dirut Wika: Ada Miss Informasi, Kendala Bahasa

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 20:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 29 320 2136175 pipa-bbm-meledak-di-proyek-kereta-cepat-dirut-wika-ada-miss-informasi-kendala-bahasa-R2qWIkMOVO.jpg Kereta Cepat (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Teka-teki mengenai penyebab ledakan pipa Bahan Bakar Minyak (BBM) di lokasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akhirnya mulai menemui titik terang. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana.

Menurut Tumiyana, ledakan pipa BBM itu bukan karena kurangnya studi pendahuluan namun justru karena hal-hal yang sepele. Penyebabnya adalah karena ketidakpahaman masalah bahasa di antara pekerja proyek.

Baca Juga: Pipa Pertamina Terbakar Akibat Proyek Kereta Cepat, Tol Padaleunyi Ditutup

Pekerjaan proyek kereta cepat sendiri dikerjakan oleh dua Kontraktor yakni PT Wijaya Karya dan dari pihak China. Sehingga beberapa ada beberapa bahasa yang tidak dipahami antara pekerja satu dengan yang lainnya.

"Ya itu namanya ada miss informasi kendala bahasa," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga: Kebakaran Pipa Pertamina, 10 Pekerja Proyek Kereta Cepat Diperiksa

Menurut Tumiyana, kendala bahasa itu membuat para pekerja proyek salah memahami tahapan pengerjaan. Misalnya dalam melakukan pengeboran titik yang terjadi kebocoran pipa gas.

 Pipa

Menurutnya, seharusnya belum bisa dilakukan karena masih membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Namun karena kesalahpahaman, maka dilakukanlah pengeboran yang membuat pipa BBM bocor.

"Sebenarnya jalurnya sudah mau dialihkan, jalur A pindah ke B harusnya masuknya ke situ sehari, sehari lagi tapi sebelumnya sudah masuk, jadi aliran pipanya belum berpindah," katanya.

Saat ini, untuk berjaga-jaga agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, pihaknya sudah diizinkan untuk memindahkan pipa BBM ke sebelah selatan jalan tol Cipulrang. Sebab terdapat sebagian jalur pipa Pertamina di sebelah utara ruas tol, sepanjang jalur jalan tol Cipularang.

"Pertamina sudah selesai pemindahan pipa. Enggak (sepanjang jalur)pipanya cuma 3 Km sudah teralihkan," kata Tumiyana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini